Penerapan model pembelajaran Group Investigasion (GI) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajarn kewirausahaan (Studi pada kelas X program keahlian Analisis Kimia SMK Negeri 7 Malang) / Anci Relly Maristha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Group Investigasion (GI) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajarn kewirausahaan (Studi pada kelas X program keahlian Analisis Kimia SMK Negeri 7 Malang) / Anci Relly Maristha

Maristha, Anci Relly (2012) Penerapan model pembelajaran Group Investigasion (GI) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajarn kewirausahaan (Studi pada kelas X program keahlian Analisis Kimia SMK Negeri 7 Malang) / Anci Relly Maristha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Group Investigation Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran GI untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan studi pada siswa kelas X Program Keahlian Analisis Kimia SMKN 7 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan untuk tiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) penerapan model pembelajaran GI terdiri dari 6 tahapan yaitu (a) mengidentifikasi topik dan membagi siswa ke dalam kelompok (b) merencanakan tugas (c) membuat penyelidikan (d) mempersiapkan tugas akhir (e) mempresentasikan tugas akhir (f) evaluasi 2) aktivitas belajar siswa pada siklus 2 meningkat sebesar 3 44% dari siklus 1 3) hasil belajar siswa pada aspek kognitif meningkat rata-rata nilai awal dari guru 77 16 setelah diterapkan model pembelajaran GI siklus 1 meningkat menjadi 79 41 dan 89 88 pada siklus 2 sedangkan untuk aspek afektif siswa didapat peningkatan presentasi pencapaian sebesar 78 8% pada siklus 1 menjadi 85% pada siklus 2 4) Salah satu kendala dalam menerapkan model pembelajaran GI yaitu peneliti tidak dapat melihat secara langsung investigasi yang dilakukan oleh siswa tetapi dari laporan yang dibuat oleh tiap kelompok cukup untuk mencerminkan apa yang terjadi pada saat investigasi. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu 1) penerapan model pembelajaran GI pada mata pelajaran Kewirausahaan berjalan dengan lancar 2) aktivitas belajar siswa kelas X Program Keahlian Analisis Kimia SMKN 7 Malang meningkat dengan penerapan model pembelajaran GI 3) hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Analisis Kimia SMKN 7 Malang pada aspek kognitif maupun afektif meningkat dengan penerapan model pembelajaran GI 4) kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran GI tidak ditemukan lagi setelah mendapatkan solusi. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi SMKN 7 Malang diharapkan sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran yang tepat bagi siswa sesuai karakteristik mata pelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (2) bagi guru mata pelajaran kewirausahaan SMKN 7 Malang hendaknya menjadikan alternatif ii pilihan model pembelajaran GI ini dalam kegiatan pembelajaran di kelas (3) bagi siswa kelas X Program Keahlian Analisis Kimia SMKN 7 Malang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan di dalam kelas meskipun tidak menerapkan model pembelajaran GI (3) bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran GI pada mata pelajaran dan subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28805

Actions (login required)

View Item View Item