Studi fenomenologi guru penggerak dalam proses pembelajaran ekonomi di sma islam kepanjen / Novi Kholidiya Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi guru penggerak dalam proses pembelajaran ekonomi di sma islam kepanjen / Novi Kholidiya Rahmawati

Rahmawati, Novi Kholidiya Rahmawati (2023) Studi fenomenologi guru penggerak dalam proses pembelajaran ekonomi di sma islam kepanjen / Novi Kholidiya Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang dijalankan guru bersama peserta didik untuk membawa perubahan kepada pribadi yang lebih baik. Dikarenakan segala aspek pembelajaran berkesinambungan maka dalam menjalankannya membutuhkan kolaborasi yang seimbang antara guru dan peserta didik. Dalam mendukung hal tersebut Program Guru Penggerak menuntut guru untuk berperan menciptakan kepemimpinan murid dan mengupayakan pembelajaran yang lebih menggunakan emosi yang menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran ekonomi yang dilakukan oleh guru penggerak di SMA Islam Kepanjen. Proses pembelajaran tersebut meliputi perencanaan pembelajaran penggunaan bahan dan media pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara observasi penelaahan dokumen dan dokumentasi. Hasil penelitian menegaskan bahwa pembelajaran yang dikembangkan guru penggerak adalah mampu menciptakan gagasan baru dan berkembang tepat sesuai dengan situasi dan permasalahan tertentu. Guru diperkenankan mengulas segala potensi dan permasalahan peserta didik dengan pemikiran yang positif mengajar dengan kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288047

Actions (login required)

View Item View Item