Mayasari, Erma (2012) Implementasi lesson study dengan menggunakan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X-A APK SMK PGRI Sumbermanjing Kab. Malang) / Erma Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata-kata Kunci Lesson Study Model Pembelajaran STAD dan Aktivitas Belajar Siswa Aktivitas belajar siswa saat pembelajaran berlangsung sangatlah bervariasi ada sebagian siswa yang terlihat aktif dan ada pula yang pasif. Lesson Study merupakan suatu kegiatan pengkajian terhadap proses pembelajaran dikelas nyata yang dilakukan oleh sekelompok guru secara berkolaborasi adapun manfaat Lesson Study untuk meningkatnya pengetahuan guru tentang cara mengobservasi aktivitas belajar siswa dan menguatnya hubungan kolegalitas baik antar guru maupun dengan observer selain guru dimana Lesson Study memiliki tiga tahapan yaitu Plan Do dan See. Lesson Study juga dapat dikombinasikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif salah satunya dengan menggunakan model STAD. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa sangat cocok bila diterapkan dalam mata pelajaran Kewirausahaan karena siswa dapat bekerja kelompok untuk berdiskusi tentang hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan kewirausahaan disekitas lingkungan nyata siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan situasi belajar yang aktif siswa saling berkomunikasi saling mendengar saling berbagi saling bertukar pikiran yang mana dari keadaan tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan dalam materi mengelola konflik dan mengembangkan visi dan misi perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing pertemuan terdapat Plan Do dan See. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMK PGRI Sumbermanjing yang terdiri dari 41 siswa. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi tes (kuis) catatan lapangan. Dokumentasi dan hasil wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung mengalami banyak peningkatan dari awal siklus I 76 4% meningkat menjadi 77 4% dan pada siklus II meningkat mulai dari 82 4% menjadi 91 7%. Oleh karena itu disarankan pada peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan Lesson Study dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan melihat variabel yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |