Atmadhani, Adhitya (2012) Pengaruh minat memilih program keahlian Administrasi Perkantoran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Adhitya Admadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci minat motivasi belajar prestasi belajar. Dalam keseluruhan proses belajar mengajar terjadi interaksi antara berbagai komponen. Masing-masing komponen diusahakan saling mempengaruhi sehingga dapat tercapai tujuan pendidikan dan pengajaran. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami siswa sebagai anak didik. Dengan belajar maka kemampuan mental siswa semakin meningkat.Tidak bisa disangkal bahwa dalam belajar seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga penting bagi siswa untuk mengetahui faktor-faktor tersebut. Hal ini juga lebih penting tidak hanya bagi siswa tetapi juga bagi seorang guru di dalam mengatur dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar sehingga dapat terjadi proses belajar mengajar yang optimal faktor-faktor tersebut diantaranya adalah minat memilih program keahlian dan motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat memilih program keahlian Administrasi Perkantoran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa program keahlian Administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 198 siswa sedangkan jumlah sampelnya adalah 63 siswa yang diambil dari seluruh siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menyatakan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat memilih program keahlian Administrasi Perkantoran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan hasil perhitungan R square (R2) sebesar 0 245 atau 24 5% dengan nilai Fhitung (9 751) Ftabel(3 150). Sedangkan secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat memilih program keahlian Administrasi Perkantoran dengan nilai thitung(2 268) ttabel(2 000) dan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan nilai thitung(2 291) ttabel(2 000). Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara minat memilih program keahlian administrasi perkantoran terhadap prestasi belajar (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara minat memilih program keahlian administrasi perkantoran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Berikut ada beberapa saran yang perlu diperhatikan oleh berbagai pihak guna meningkatkan minat memilih program keahlian dan motivasi belajar siswa (1) Mengadakan kegiatan akademis yang dapat menumbuhkan minat siswa pada bidang perkantoran. Caranya adalah dengan meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berorientasi pada praktek (2) Meningkatkan fungsi dan jumlah fasilitas sarana dan prasarana laboratorium serta melengkapinya dan mengadakan perbaikan untuk penggantian terhadap alat-alat praktek yang rusak dan sudah tidak layak pakai (3) Setiap siswa hendaknya mampu untuk membangkitkan motivasi dalam dirinya sendiri baik itu berupa motivasi instrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Sehingga kegiatan belajar akan dapat berjalan dengan baik dan siswa akan dapat mencapai prestasi belajar yang optimal (4) Dalam menyampaikan materi hendaknya guru menyajikannya semenarik mungkin dengan menggunakan berbagai macam metode mengajar agar tercipta suasana kelas yang menyenangkan. Selain itu guru juga hendaknya melakukan pendekatan secara individu kepada siswanya yang mengalami kesulitan dalam belajar sehingga dengan adanya kerja sama yang baik antara guru dan siswa diharapkan nantinya minat dan motivasi siswa akan meningkat dan prestasi belajar siswa di sekolah akan meningkat pula.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |