Penerapan pembelajaran kontekstual metode Inqury untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menangani surat/dokumen kantor (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Dody Yudho Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual metode Inqury untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menangani surat/dokumen kantor (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Dody Yudho Utomo

Utomo, Dody Yudho (2012) Penerapan pembelajaran kontekstual metode Inqury untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menangani surat/dokumen kantor (studi pada siswa kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Dody Yudho Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kontekstual metode inquiry proses belajar hasil belajar siswa Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry pada siswa kelas XI APk SMK Muhammadiyah 2 Malang Mata Pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor 2) Mendeskripsikan Proses belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry pada siswa kelas XI APk SMK Muhammadiyah 2 Malang Mata Pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry pada siswa kelas XI Apk SMK Muhammadiyah 2 Malang Mata Pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor 4) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat ketika menerapkan pembelajaran kontekstual metode inquiry di SMK Muhammadiyah 2 Malang pada Mata Pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor 4) Mendeskripsikan respon siswa dengan adanya penerapan pembelajaran kontekstual metode inquiry pada siswa kelas XI APk SMK Muhammadiyah 2 Malang Mata Pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI APk SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 38 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Penyimpulan hasil analisis. Dari hasil analisis data dan refleksi dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Kontekstual Metode Inquiry yang diterapkan dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai post test pada I pelaksanaan pembelajaran Kontekstual pada Siklus I diperoleh rata-rata nilai 59 44 dan Siklus II diperoleh nilai rata-rata 71 92 serta adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 sebesar 79 80% meningkat menjadi 85 04%. Disamping itu indikator lain adalah siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dan dalam menjawab pertanyaan memberikan tanggapan serta sanggahan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual metode Inquiry dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas XI APk SMK Muhammadiyah 2 Malang. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) Bagi guru SMK Muhammadiyah 2 Malang khususnya guru mata Menangani Surat/Dokumen Kantor diharapkan dapat menerapkan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masingmasing karakteristik mata pelajaran yaitu dengan pembelajaran Kontekstual Metode Inquiry sebagai alternatif untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa 2) Siswa hendaknya dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan aktivitas belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan 3) Bagi peneliti berikutnya agar dapat melakukan kegiatan penelitian v lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran Kontekstual Metode Inquiry bukan hanya pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28801

Actions (login required)

View Item View Item