Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X administrasi perkantoran pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan di SMK Negeri 2 Blitar / Gigih Pratama Kusuma Renjana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X administrasi perkantoran pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan di SMK Negeri 2 Blitar / Gigih Pratama Kusuma Renjana

Renjana, Gigih Pratama Kusuma (2012) Penerapan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X administrasi perkantoran pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan di SMK Negeri 2 Blitar / Gigih Pratama Kusuma Renjana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran peta konsep dan hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar pada mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) dapat diterapkan sesuai rencana apa belum. Metodologi - Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai awal hingga akhir penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Blitar dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar yang mengikuti mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes observasi terhadap guru dan siswa catatan lapangan angket wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Temuan Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep di SMKN 2 Blitar khusunya kelas X Administrasi Perkantoran berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini dapat ditunjukkan dari prestasi belajar siswa ternyata dapat ditingkatkan. Pada siklus I yang tuntas belajar 78 06 sedangkan pada siklus II sebanyak 86 18. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa dan guru dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran peta konsep. Aktivitas belajar siswa aspek afektif meningkat 5 89%. Hal ini terbukti pada siklus I rata-rata kelas sebesar 85 50% sedangkan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 91 39%. Untuk aspek psikomotorik juga terdapat peningkatan 14 95%. Hal ini terbukti pada siklus I rata-rata kelas sebesar 75 44% sedangkan pada siklus II rata-rata kelas sebesar 90 39%. Untuk aktivitas guru meningkat sebesar 3 13%. Hal ini terbukti pada siklus I rata-rata sebesar 96 87% sedangkan pada siklus II rata-rata mencapai 100%. . Implikasi Implikasi dari penelitian ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu bagi siswa disarankan agar sering bertukar pikiran dengan temannya untuk memecahkan atau membahas suatu masalah yang masih berkaitan dengan pelajaran di sekolah guna untuk mengembangkan keterampilan berfikir dan bekerjasama dalam memecahkan permasalahan atau tugas yang dihadapi siswa. Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran peta konsep pada pengajaran mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi atau mata pelajaran lainnya di ii tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran peta konsep dalam proses pembelajaran. Kata Kunci - Model Pembelajaran Peta Konsep Hasil Belajar Siswa Tipe Penelitian Penelitian Kualitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28800

Actions (login required)

View Item View Item