Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan kelas X-APK SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang) / Agnesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan kelas X-APK SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang) / Agnesti

Klariasindi, Agnesti (2012) Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan kelas X-APK SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang) / Agnesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kontekstual aktivitas belajar hasil belajar Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) Bagi seorang pendidik pemilihan model pembelajaran hendaknya dilakukan secara cermat agar pilihan itu tepat efisien dan menarik. Salah satu strategi pembelajaran yang berasosiasi dengan keadaan dunia nyata dan menuntut siswa berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dengan rumusan masalah (1) Bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI pada Mata Pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan pada siswa kelas X-APK semester genap SMK Kosgoro 1 Lawang- Malang (2) Apakah pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada Mata Pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-APK semester genap SMK Kosgoro 1 Lawang- Malang (3) Apa saja hambatan dan solusi dalam pelaksanaan penerapan pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada Mata Pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X-APK SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang (4) Bagaimana respon siswa kelas X-APK SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang terhadap implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI pada Mata Pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X Administrasi Perkantoran yang berjumlah 34 siswa di SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Reduksi Data Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI di SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang dilaksanakan dua siklus (2) Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI pada Mata Pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X-APK SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terbukti dengan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 81 81% termasuk dalam kategori A persentase rata-rata aktivitas kelompok 82 4% termasuk dalam kategori A- sedangkan pada siklus II ii persentase rata-rata aktivitas siswa 100% termasuk dalam kategori A persentase rata-rata aktivitas kelompok 89 1% termasuk dalam kategori A. Peningkatan persentase aktivitas siswa sebesar 18 19% peningkatan persentase aktivitas belajar kelompok siswa mencapai 6 3%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pre test 50 6 post test 81 29 kenaikan pre test ke post test siklus I 60 63% . Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II pre test 65 8 post test 82 kenaikan pre test ke post test pada siklus II adalah 24 6%. Apabila dibandingkan dengan nilai rata-rata pada siklus I maka nilai rata-rata pada siklus II mengalami peningkatan pada pre test meningkat 15 2 pada post test meningkat 0 71 (3) Hambatan dan solusi dalam implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI adalah sebagai berikut pendekatan SAVI membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga peneliti menambah jam pelajaran untuk menyelesaikan siklus II ruang kelas yang sempit dan tempat duduk yang saling berdekatan membuat siswa tidak mandiri dalam mengerjakan tugas sehingga peneliti harus selalu mengawasi dan membagi siswa menjadi dua gelombang ketika mengerjakan soal-soal evaluasi keberanian siswa yang kurang dalam mengemukakan pendapat atau perbuatan merupakan hambatan dalam pembelajaran SAVI sehingga peneliti perlu memberikan rangsangan agar siswa lebih percaya diri dan tidak ragu-ragu dalam berkata atau berbuat. (4) Hasil respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI mendapatkan persentase rata-rata 87 4 siswa termotivasi dan tertarik mengikuti pembelajaran selain itu siswa merasa senang dan dapat belajar sambil bermain. Paparan hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI sangat cocok diterapkan pada Mata Pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X-APK di SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang. (2) Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI pada Mata Pelajaran Bekerja Sama Dengan Kolega dan Pelanggan kelas X-APK SMK Kosgoro 1 Lawang-Malang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. (3) Hambatan dan solusi dalam implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI adalah sebagai berikut pendekatan SAVI membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga peneliti menambah jam pelajaran ruang kelas yang sempit dan tempat duduk yang berdekatan membuat siswa tidak mandiri sehingga peneliti harus membagi siswa menjadi dua gelombang keberanian siswa yang kurang dalam mengemukakan pendapat atau perbuatan sehingga peneliti perlu memberikan rangsangan agar siswa lebih percaya diri dan tidak ragu-ragu dalam berkata atau berbuat. (4) Siswa memberikan respon yang sangat baik pada pendekatan SAVI. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru Mata Pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan SAVI dapat dijadikan alternatif pilihan dalam kegiatan belajar mengajar (2) Bagi siswa sebaiknya siswa mempersiapkan diri dengan belajar dahulu sehingga pada tindakan SAVI siswa bisa lebih aktif dan percaya diri (3) Bagi peneliti khususnya Mahasiswa Universitas Negeri Malang hasil penelitian dapat dijadikan bahan referensi dengan penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28799

Actions (login required)

View Item View Item