Implementasi model pembelajaran two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas x APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Bhima Erlangga Sukma P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas x APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Bhima Erlangga Sukma P.

Prayoga, Bhima Sukma Erlangga (2012) Implementasi model pembelajaran two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas x APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Bhima Erlangga Sukma P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) minat belajar hasil belajar Pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif terhadap siswa yang rendah hasil belajarnya. Oleh karena itu diperlukanlah model pembelajaran kooperatif yang dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya. Ada banyak model pembelajaran cooperative learning yang memenuhi ciri pembelajaran efektif diantaranya adalah model kooperatif tipe TSTS yang dapat membantu siswa untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita. Sehingga dengan model pembelajaran tersebut siswa mampu dan terampil menyelesaikan masalah dalam soal cerita dengan langkah-langkah yang tepat. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen teridentifikasi mempunyai permasalahan dalam proses pembelajaran. Permasalahan itu adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hanya beberapa siswa yang aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Ini menjadikan kondisi yang tidak sesuai dengan tujuan kurikulum karena guru sangat aktif tetapi sebaliknya siswa menjadi pasif dan tidak kreatif. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan dengan penerapan model pembelajaran TSTS serta mengetahui kendala yang dialami dalam implementasi model TSTS dan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes Angket Observasi dan Wawancara. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pada akhir siklus II tingkat keberhasilan tindakan pada minat belajar siswa mencapai 81 15% dengan jumlah siswa yang dikategorikan berminat adalah 24 siswa. Sebanyak 21 siswa (87 5%) hasil belajarnya mengalami peningkatan pada aspek kognitif. Tingkat keberhasilan tindakan pada hasil belajar aspek afektif adalah 85 65%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa meningkat setelah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan oleh peneliti yaitu (1) Guru Kewirausahaan sebaiknya mulai mencari inovasi cara mengajar. Inovasi dilakukan agar kegiatan belajar mengajar tidak membosankan salah satu cara berinovasi adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif alternatif jenis model pembelajaran kooperatif tersebut antara lain model Two Stay Two Stray (2) Siswa seharusnya membekali diri terlebih dahulu dengan belajar di rumah sebelum mengikuti kegiatan belajar disekolah agar ketika di sekolah siswa dapat dengan mudah mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru selain itu siswa harus lebih pandai bersosialisasi dengan teman yang lain agar dapat bekerja sama dengan maksimal ketika kegiatan diskusi berlangsung (3) Peneliti Selanjutnya agar melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran Kewirausahaan atau pada mata pelajaran yang lain serta lebih menyempurnakannya jika memang dianggap perlu ada penyempurnaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28797

Actions (login required)

View Item View Item