Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar komunikasi (Studi pada siswa kelas X-A program keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Sumbermanjing Malang) / Ardian Novianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar komunikasi (Studi pada siswa kelas X-A program keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Sumbermanjing Malang) / Ardian Novianti

Novianti, Ardian (2012) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar komunikasi (Studi pada siswa kelas X-A program keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Sumbermanjing Malang) / Ardian Novianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Hasil Belajar. Pada pengelolaan kegiatan pembelajaran oleh guru di kelas sering dijumpai penggunaan metode ceramah yang menyebabkan siswa menjadi pasif. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan agar siswa berpartisipasi adalah Model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan meningkatkan hasil belajar dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Model Make A Match pada Mata Pelajaran Dasar Komunikasi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X-A SMK PGRI Sumbermanjing Malang. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMK PGRI Sumbermanjing penerapan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran Dasar Komunikasi sebagai berikut (1) sebelum diterapkannya model pembelajaran make a match peneliti membuat 6 kelompok. Selanjutnya guru membuat 2 kartu yaitu kartu soal dan kartu jawaban. (2) Setiap siswa memikirkan kartu yang dipegangnya. Setelah mendapat aba-aba siswa dipersilahkan untuk mencari pasangan kartu yang dipegangnya. (3) Pada tahap akhir peneliti menjadikan siswa sebagai tim penilai. Hasil belajar dalam penelitian ini meliputi aspek kognitif. Dari rata-rata nilai awal guru 69 15dan pada siklus I nilai rata-rata post test siswa adalah 75 41. Pada siklus II nilai rata-rata post test siswa meningkat mencapai 83. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran Make A Match kelas X-A pada mata pelajaran Dasar Komunikasi di SMK PGRI Sumbermanjing yaitu dengan materi pembelajaran disajikan dengan cara yang menarik sehingga siswa belajar lebih aktif dalam suasana yang menyenangkan. Waktu yang tersedia perlu dibatasi jangan sampai siswa terlalu banyak bermain-main. Guru perlu persiapan bahan dan alat yang memadai untuk kegiatan pembelajaran. Saran yang diberikan adalah 1) bagi kepala sekolah diharapkan sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai 2) bagi guru agar mencoba menerapkan model-model pembelajaran seperti Make A Match agar tercipta suasana yang menyenangkan dan siswa ikut berpartisipasi 3) bagi siswa untuk meningkatkan kerjasama dan siswa termotivasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar 4) bagi peneliti berikutnya menambah anggota kelompok dan pengelompokkan berdasarkan kemampuan yaitu siswa yang berkemampuan tinggi sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28796

Actions (login required)

View Item View Item