Aspriyanti, Yunita (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan / Yunita Aspriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Team Assisted Individualization dan Hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas X-B APK di SMK PGRI Sumbermanjing menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih di dominasi oleh ceramah siswa tidak memiliki modul siswa terlihat kurang aktif dalam proses belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam hasil belajar siswa yang lebih baik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan di kelas X-B APK. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Tahap dalam penelitian ini yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi di setiap siklusnya. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMK PGRI Sumbermanjing diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) (1) menjadikan siswa lebih aktif berani bertanya dan menyampaikan pendapat serta dapat menjalin kerjasama dengan baik (2) meningkatkan hasil belajar aspek kognitif afektif serta Psikomotorik. Hasil belajar dalam penelitian ini meliputi aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Aspek kognitif siswa siklus I menunjukkan nilai rata-rata post test siswa adalah 78 61 mengalami peningkatan sebesar 6 39 menjadi 85 pada siklus II. Dan hasil belajar aspek afektif pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 77 78% mengalami peningkatan sebesar 11 72% menjadi 89 5% pada siklus II. Untuk aspek psikomotorik pada siklus II ini terjadi peningkatan sebesar 11 11% (76 39% pada siklus I dan 87 50 pada siklus II). Saran yang diberikan adalah 1) Bagi kepala sekolah SMK PGRI Sumbermanjing diharapkan perlu menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) 2) Bagi guru dapat menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran 3) Bagi siswa dapat meningkatkan keaktifan dalam kelas percaya diri berani mengungkapkan pendapat mampu bekerjasama antar sesama teman dan menumbuhkan sikap saling menghargai antar teman 4) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |