Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas x APK SMK Muhammadiyah 2 Malang / Erda Shofiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas x APK SMK Muhammadiyah 2 Malang / Erda Shofiyanti

Shofiyanti, Erda (2012) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas x APK SMK Muhammadiyah 2 Malang / Erda Shofiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Hasil Belajar. Pendidikan merupakan suatu upaya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan ketrampilan sesuai tuntutan pembangunan bangsa. Akan tetapi banyak masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan salah satunya adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan siswa hanya diam duduk dan menerima informasi dari guru. Guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang kreatif dan menarik perhatian siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian membuat siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran serta kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru karena mereka merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang monoton. Masalah ini pada akhirnya berdampak negatif pada hasil belajar siswa di sekolah. Stategi-strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar adalah menerapkan model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) agar dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir mengeluarkan pendapat dan bekerjasama dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk mengetahui apa saja hambatan sekaligus solusi dalam pelaksanaan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1)Reduksi data 2)Penyajian data dan 3)Penyimpulan hasil analisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berdasarkan pada siklus I hasil belajar rata-rata siswa adalah 77 33 dan mengalami peningkatan sebesar 4 67 menjadi 82 pada siklus II. Aspek nilai karakter pada siklus I pada semua indikator masih memerlukan adanya perbaikan dan pada siklus II hanya satu indikator yang masih memerlukan perbaikan. Selain itu penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) mendapat respon sangat positif sebesar 93% siswa dan 7% siswa memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) Bagi guru standar kompetensi Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup di SMK Muhammadiyah 2 Malang dapat menerapkan pembelajaran STAD dalam proses belajar mengajar hal ini bertujuan untuk mempermudah siswa dalam menyerap materi pelajaran serta mencoba untuk mengadakan diskusi kelompok agar siswa terbiasa untuk saling bertukar pendapat dan mampu mengemukakan pendapatnya di depan kelas memberikan motivasi dan pengarahan ketika berdiskusi. (2) Bagi siswa SMK hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat. Selain itu siswa diharapkan dapat saling bekerjasama dalam suatu kelompok dan berusaha menghargai orang lain. (3) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian mengenai model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada standar kompetensi lain sebagai salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar yang valid. Seperti pada standar kompetensi berkomunikasi melalui telepon dan melakukan prosedur administrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item