Implementasi pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran mengikuti prosedur keamanan keselamatan dan keszehatan kerja (Studi pada siswa kelas X-ADM SMK Nu Bululawang) / Indra Pahlawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran mengikuti prosedur keamanan keselamatan dan keszehatan kerja (Studi pada siswa kelas X-ADM SMK Nu Bululawang) / Indra Pahlawan

Pahlawan, Indra (2012) Implementasi pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran mengikuti prosedur keamanan keselamatan dan keszehatan kerja (Studi pada siswa kelas X-ADM SMK Nu Bululawang) / Indra Pahlawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Hasil Belajar Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna memajukan kualitas pendidikan adalah dengan menyempurnakan kurikulum yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Selain Kurikulum salah satu aspek terpenting dalam keberhasilan suatu proses kegiatan belajar adalah metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran adalah pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan. Masalah yang sering dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah bagaimana merubah cara berpikir siswa dalam pemecahan masalah dan keaktifan siswa dalam belajar hal ini tentu saja mempengaruhi hasil belajar siswa selain itu banyak siswa menginginkan pembelajaran yang sesuai dengan realita yang terjadi pada dunia kerja oleh karena itu model pembelajaran ini cocok diterapkan sesuai dengan permasalahan yang terjadi karena model pembelajaran ini dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3 siswa kelas X-ADM SMK NU Bululawang 2) untuk mengetahui model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3 siswa kelas X-ADM SMK NU Bululawang 3) untuk mengetahui model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3 siswa kelas X-ADM SMK NU Bululawang 4) untuk mengetahui respon siswa kelas X-ADM SMK NU Bululawang terhadap penerapan pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan ii Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran Mengikuti Prosedur K3 kelas X ADM SMK NU Bululawang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada siklus I aktivitas belajar rata-rata siswa adalah 75% dan mengalami peningkatan sebesar 15 25% menjadi 90 25% pada siklus II . Aspek kognitif pada nilai pra tindakan memiliki rata-rata nilai 65 dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 71 dan kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 77. Selain itu penerapan model pembelajaran berbasis masalah mendapat respon sangat positif sebesar 92 3% siswa dan 7 7% siswa memberikan respon positif. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) usahakan untuk menggunakan pembelajaran berbasis masalah dalam materi pelajaran yang mengangkat konteks dunia nyata sehingga siswa lebih mudah untuk mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran maupun ketika mereka masuk pada dunia kerja 2) untuk penelitian selanjutnya hendaknya model ini dikembangkan lagi dan tidak hanya dalam mata pelajaran Mengikuti Prosedur Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tetapi di mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28791

Actions (login required)

View Item View Item