Setyaningsih, Irma (2012) Penerepan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X APK mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Nu Bululawang Malang) / Irma Setyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Numbered Heads Together (NHT) Motivasi Hasil Belajar. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi dapat disimpulkan bahwa ketertarikan dan perhatian siswa terhadap mata pelajaran MPA dirasa kurang sehingga motivasi belajar siswa rendah dan berdampak pada pencapaian hasil belajar yang dinilai masih rendah. Pada prakteknya guru masih sering menggunakan metode konvensional dari pada metode kooperatif. Materi pada mata pelajaran MPA merupakan materi konseptual untuk itu diperlukan suatu pemebelajaran yang menarik agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dirasa mampu memberikan stimulus positif bagi kegiatan belajar siswa adalah pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT). Untuk dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran MPA yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together yang dalam penerapannya membantu siswa untuk memahami materi dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan ide atau penadapat selain itu untuk meningkatkan kerjasama kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk mengetahui model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi hasil belajar dan untuk mengetahui respon siswa kelas X Jurusan APK SMK NU Bululawang terhadap proses pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 (empat) siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan 3) Penyimpulan hasil analisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model Numbered Heads Together siswa lebih antusias aktif dan bersemangat dalam proses belajar dengan menggunakan model NHT 2) Penerapan model Numbered Heads Together terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Perbandingan pada nilai pra tindakan memiliki rata-rata nilai 62 dan mengalami peningkatan pada post test siklus I sebesar 72 dan kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 77. 3) Untuk data motivasi dari hasil angket sebesar 39 08% dengan nilai sangat positif. 4) Sedangkan dari data respon siswa sebanyak 83 3% dinyatakan sangat positif artinya siswa senang dengan pembelajaran ini karena membuat siswa saling menghargai dan berinteraksi satu dengan yang lainnya Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah 1) Mengadakan kegiatan akademis yang dapat menimbulkan minat siswa pada bidang Administrasi Perkantoran misalnya dengan memanfaatkan Laboratorium Perkantoran yang ada di sekolah jadi siswa dapat mengaplikasikan langsung teori-teori yang dipelajari pada program produktif. 2) Untuk penelitian selanjutnya hendaknya model ini dikembangkan lagi dan tidak hanya dalam mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi tetapi di mata pelajaran lain yang relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |