Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatakan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (Studi pada siswa kelas XII APK 1 di SMK Muhammadiyah V Kepanjen) / Zulkifli - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatakan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (Studi pada siswa kelas XII APK 1 di SMK Muhammadiyah V Kepanjen) / Zulkifli

Zulkifli (2012) Penerapan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatakan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan (Studi pada siswa kelas XII APK 1 di SMK Muhammadiyah V Kepanjen) / Zulkifli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peta Konsep Aktivitas belajar hasil belajar. Bagi seorang pendidik pemilihan model pembelajaran hendaknya dilakukan secara cermat agar pilihan itu tepat atau relevan dengan berbagai aspek pembelajaran yang lain efisien dan menarik. Salah satu pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah Model Pembelajaran Peta Konsep. Penerapan pembelajaran ini menekankan keaktifan dan kemandirian siswa baik secara fisik maupun mental siswa diberi kesempatan untuk belajar berpikir menghafal menghayati bekerjasama berinteraksi kreatif dan terampil. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Peta Konsep pada mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan pada kelas XII Apk 1 SMK Muhammadiyah V Kepanjen (2) Untuk mengetahui Aktivitas siswa pada mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan pada kelas XII Apk 1 SMK Muhammadiyah V Kepanjen (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas XII Apk 1 pada mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Muhammadiyah V Kepanjen (4) Untuk Mengetahui Hambatan-hambatan dan solusi-solusi selama pembelajaran peta konsep dilakukan. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XII program studi administrasi perkantoran yang berjumlah 38 orang . Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2011. Analisis data yang digunakan meliputi tahap mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep membantu siswa memahami dan mengingat prosedur kearsipan melalui suatu urutan kejadian yang berbentuk konsep-konsep yang terhubung dari awal kejadian sampai menemukan akhir kejadian 2) Aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran peta konsep menunjukkan hasil yang positif terlihat dari perbandingan penilaian aktivitas pada siklus I dan siklus II siswa naik sebesar 22 2%. 3) Hasil belajar peserta didik dalam siklus I nilai rata-rata pre test dan post test siswa meningkat dari 57 menjadi 64 dengan persentase sebesar 12%. Sedangkan pada siklus II ilai rata-rata pre test dan post test meningkat dari 66 28 menjadi 77 63 dengan persentase sebesar 16 6%. Hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I sebanyak 34 siswa (89 46%) memenuhi ketuntasn belajar dan pada siklus II sebanyak 34 siswa (89 46%) yang memenuhi ketuntasan belajar 4) hambatan hambatan yang terjadi selama pembelajaran peta konsep terhadap mata iv pelajaran mengelola sistim kearsipan banyak terjadi misalnya masalah waktu yang ada begitu minimal sehingga pembelajaran dilakukan begitu cepat dan kurang dipahami oleh siswa sehinggan peneliti memberikan pembelajaran yang cukup maksimal dalam pelaksanaan pembelajan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa (1) Bagi guru SMK Muhammadiyah V kepanjen diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran. Khususnya bagi guru mata pelajaran Mengelola sistem Kearsipanerja agar dapat menerapkan model Pembelajaran Peta Konsep sebagai alternatif model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Selain itu hendaknya guru memperhatikan alokasi waktu sesuai dengan apa yang sudah direncanakan serta guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk berani mengungkapkan pendapatnya sehingga pembelajaran di kelas tidak hanya didominasi oleh guru saja (2) Bagi siswa agar dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan aktivitas belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa (3) Bagi peneliti berikutnya hendaknya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model Pembelajaran Peta Konsep bukan hanya pada mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28786

Actions (login required)

View Item View Item