Penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek) / Ani Dwi Lutfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek) / Ani Dwi Lutfiyah

Lutfiyah, Ani Dwi (2012) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek) / Ani Dwi Lutfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Think Pair Share Aktivitas Belajar Hasil Belajar Siswa. ] Proses belajar mengajar yang tepat akan membantu siswa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dengan mudah. Berkaitan dengan hal itu maka dilakukan penelitian dalam proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Kewirausahaan kelas X APK SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek diketahui adanya kurangnya keterlibatan siswa/aktivitas siswa dalam pembelajaran serta hasil belajar yang kurang memuaskan. Permasalahan tersebut dapat diperbaiki salah satunya dengan melakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang selama ini diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan rumusan masalah (1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk mata pelajaran Kewirausahaan pada siswa kelas X APK SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek (2) mengetahui hasil belajar siswa (3) mengetahui aktivitas belajar siswa (4) mengetahui hambatan beserta solusi dalam pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelititan ini menggunakan pengamatan wawancara dokumentasi tes catatan lapangan dan lembar diskusi teman sejawat. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas 3 komponen kegiatan yang saling terkait diantaranya reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah (1) Penerapan pembelajaran berjalan dengan baik terbukti dengan adanya peningkatan pada hasil belajar dan aktivitas siswa (2) aktivitas belajar siswa yang diamati selama proses pembelajaran berlangsung yaitu aktivitas siswa pada waktu kegiatan pembelajaran sikus I sebesar 86 11% sedangkan pada siklus II sebesar 100% (3) hasil belajar siswa yang diperoleh dari post-test yang diberikan pada akhir siklus yang diperoleh rata-rata siklus I adalah 87 5 dan rata-rata siklus II adalah 88 42 (4) hambatan yang dialami selama pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat diatasi dengan adanya solusi-solusi yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh empat kesimpulan (1) penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas X APK SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek dapat berjalan ii dengan baik terbukti adanya peningkatan pada hasil belajar dan aktivitas siswa (2) penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil post-test dari siklus I dan siklus II (3) penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang terlihat dari hasil pengamatan aktivitas selama proses pembelajaran berlangsung (4) hambatan yang dialami selama pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat diatasi dengan adanya solusi-solusi yang diberikan yaitu (1) mengkondisikan pembelajaran seperti yang sudah direncanakan (2) memberikan motivasi serta perhatian yang lebih kepada siswa yang kurang aktif (3) memperhitungkan waktu yang diberikan pihak sekolah agar setiap langkahlangkah pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah (1) bagi guru mata pelajaran kewirausahaan kelas X APK SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu Trenggalek disarankan untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2) bagi siswa hendaknya mengikuti proses pembelajaran dengan baik serta dapat meningkatkan semangat dan keaktifan dalam belajar (3) bagi kepala sekolah diharapkan dapat menghimbau para guru agar menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran lain yang sesuai sehingga siswa memperoleh pengalaman dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dengan subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28785

Actions (login required)

View Item View Item