Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keselamatan, Kesehatan kerja dan Lingkungan Hidup (Studi pada siswa kelas X APK 1 SMK Wisnuwardhana Malang) / Joni Alif Utama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keselamatan, Kesehatan kerja dan Lingkungan Hidup (Studi pada siswa kelas X APK 1 SMK Wisnuwardhana Malang) / Joni Alif Utama

Utama, Joni Alif (2012) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keselamatan, Kesehatan kerja dan Lingkungan Hidup (Studi pada siswa kelas X APK 1 SMK Wisnuwardhana Malang) / Joni Alif Utama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Hasil Belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMK Wisnuwardhana Malang diperoleh informasi bahwa pembelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup sudah mulai menggunakan variasi bentuk model pembelajaran namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal Pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) adalah strategi pembelajaran dimana para siswa aktif bekerjasama dalam kelompok kecil yang dimulai dengan penomoran pengajuan pertanyaan berpikir bersama dan pemberian jawaban. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) (2) untuk mengetahui hasil penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) (3) untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan dan solusinya dalam penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup siswa kelas X APK 1 SMK Wisnuwardhana Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup sudah berjalan dengan lancar hal ini ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan individual 32 siswa (88 9 %) meningkat sebesar 27 8% dari siklus 1. Didalam pembelajaran kooperatif harus ada elemen yang terkandung didalam setiap pembelajaran antara lain saling ketergantungan positif interaksi tatap muka pertanggung jawaban individu keterampilan menjalin hubungan antar pribadi (2) tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran koperatif model Numbered Heads Together (NHT) secara umum positif yaitu antara lain siswa merasa senang dan bisa dijadikan variasi kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton hanya beberapa siswa yang merasa terbebani dengan penerapan pembelajaran ini (3) tanggapan guru cukup positif guru beranggapan bahwa model tersebut dapat membuat siswa aktif berpartisipasi mengemukakan pendapat dalam diskusi (4) hasil belajar siswa dilihat dari 2 ranah yaitu kognitif dan afektif. Dalam pelaksanaannya terdapat peningkatan dimana dari siklus 1 sampai siklus 2 terjadi kenaikan hal ini dapat dilihat bahwa hampir seluruh nilai siswa telah memenuhi standart kelulusan yang telah ditentukan yaitu 70. v Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) bagi sekolah SMK hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan dalam upaya perbaikan penerapan strategi pembelajaran (2) bagi guru mata pelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup dianjurkan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (3) bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran lain sebagai salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar yang valid (4) bagi siswa SMK hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item View Item