Penerapan metode pembelajaran model cooperative script untuk meningkatakan aktvitas dan hasil belajar siswa (Studi pada mata pelajaran Bekerja sama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Kertosono Nganjuk) / Estitika Yuwana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran model cooperative script untuk meningkatakan aktvitas dan hasil belajar siswa (Studi pada mata pelajaran Bekerja sama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Kertosono Nganjuk) / Estitika Yuwana Sari

Sari, Estitika Yuwana (2012) Penerapan metode pembelajaran model cooperative script untuk meningkatakan aktvitas dan hasil belajar siswa (Studi pada mata pelajaran Bekerja sama dengan Kolega dan Pelanggan kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Kertosono Nganjuk) / Estitika Yuwana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Script Aktivitas dan Hasil Belajar Perubahan paradigma pembelajaran dari Kurikulum 2004 menjadi KTSP adalah orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada murid (student centered). Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah pembelajaran yang bersifat konstruktivis. Dalam pembelajaran konstruktivis ada beberapa model yang dapat diterapkan salah satunya adalah model pembelajaran Cooperative Script. Dalam model pembelajaran ini pengelompokan siswa berdasarkan prinsip heterogenitas baik dari segi kemampuan akademik jenis kelamin maupun ras. Model pembelajaran Cooperative Script merupakan model pembelajaran yang mengembangkan upaya kerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Kelebihan lain dari model pembelajaran Cooperative Script ini adalah siswa yang belajar dengan cara ini dapat belajar dan mengendapkan materi lebih banyak daripada siswa yang membuat ringkasannya sendiri atau mereka yang hanya sekedar membaca materi pelajaran itu. Adapun rumusan masalah penelitian ini 1) bagaimana penerapan model Cooperative Script pada mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Kertosono 2) bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Kertosono pada mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan 3) bagaimana respon siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Kertosono dengan menggunakan model Cooperative Script . Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus di mana tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi 4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 1 Kertosono Nganjuk yang berjumlah 33 siswa dengan mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data reduction (Reduksi Data) Data display (Penyajian Data) dan Conclusion drawing (Penarik Kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Script dapat meningatkan 1) penerapan model Cooperative Script pada siklus I ke siklus ke II telah optimal karena siswa sudah terbiasa dengan model Cooperative Script 2) peningkatan nilai kognitif dari 81 61% pada siklus I ii menjadi 93 06% pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 77 41% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II 3) respon siswa dalam penerapan model Cooperative Script mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa. Dari paparan data hasil data dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan pembelajaran model Cooperative Script mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 2) pembelajaran model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 3) respon siswa dalam penerapan model Cooperative Script sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan 1) bagi guru Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Script sebagai variasi model pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) bagi siswa hendaknya lebih bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran model Cooperative Script. 3) bagi Kepala Sekolah dapat menghimbau agar para guru dapat menerapkan metode pembelajaran model Cooperative Script. 4) peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model ini untuk materi yang sama atau berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28783

Actions (login required)

View Item View Item