Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Akuntansi di SMK Kosgoro 01 Lawang-Malang / Puput Candra Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Akuntansi di SMK Kosgoro 01 Lawang-Malang / Puput Candra Wijayanti

Wijayanti, Puput Candra (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Akuntansi di SMK Kosgoro 01 Lawang-Malang / Puput Candra Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Aktivitas Belajar Hasil Belajar Model Numbered Head Together (NHT) merupakan model pembelajaran kooperatif terstruktur dan menekankan kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan belajar dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membagi ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling benar. Struktur yang ada pada pembelajaran NHT dalam penelitian ini adalah pembagian kelompok pemberian pertanyaan diskusi kelompok menjawab pertanyaan. Adapun rumusan dari penelitian ini (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (2) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) Bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model NHT. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus di mana tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT pada mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas X Akuntansi di SMK Kosgoro 01 Lawang-Malang (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa terbukti dengan persentase rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus 1 jumlah skor yang diperoleh 74 dengan skor maksimal 90 persentase nilai rata-rata 82% termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II jumlah skor aktivitas siswa yang diperoleh 84 skor maksimal 90 persentase nilai rata-rata 93% termasuk kategori sangat baik. (3) Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan hasil belajar terbukti dari hasil Post Test siklus I menunjukkan siswa yang sudah tuntas belajar 18 siswa (64 20%) dan siswa yang belum tuntas belajar 10 siswa (35 72%) dengan nilai rata-rata kelas 73 58 sedangkan hasil belajar pada siklus II menunjukkan peningkatan jika dibandingkan siklus I yaitu jumlah siswa yang tuntas belajar 24 siswa (85 71%) sedangkan siswa belum tuntas belajar 4 siswa (14 28%) nilai rata-rata kelas 80 (4) Hasil respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model NHT pada mata pelajaran Kewirausahaan diperoleh hasil rata-rata 80 4%. Siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran lebih mudah memahami materi pembelajaran dapat melatih diri untuk saling bekerjasama dan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan paparan hasil data dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X Akuntansi di SMK Kosgoro 01 Lawang-Malang. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3) Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan hasil belajar. (4) Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model NHT pada mata pelajaran Kewirausahaan positif hal ini dapat dilihat dari hasil angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru Kewirausahaan hendaknya mulai mencoba menerapkan pembelajaraan kooperatif model NHT dalam proses pembelajaran untuk menuntut siswa lebih aktif dalam pembelajaran berlangsung (2) Bagi seluruh siswa-siswi hendaknya siswa mempersiapkan diri dengan belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti pembelajaran di kelas sehingga pada saat diskusi kelas siswa lebih mudah mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung. Selain itu siswa harus bisa dengan cepat bersosialisasi dengan teman dalam satu kelasnya (3) Bagi Peneliti Khususnya Mahasiswa Universitas Negeri Malang disarankan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dengan menggunakan tujuan penelitian yang bervariasi masih berkaitan pada judul penelitian ini sehingga penelitian selanjutkan akan lebih bisa dikembangkan lagi dan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28782

Actions (login required)

View Item View Item