Penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif STAD dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran manajemen perkantoran siswa kelas X AP SMK Wisnuwardhana Malang) / Weny Widyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif STAD dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran manajemen perkantoran siswa kelas X AP SMK Wisnuwardhana Malang) / Weny Widyaningsih

Widyaningsih, Weny (2012) Penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif STAD dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran manajemen perkantoran siswa kelas X AP SMK Wisnuwardhana Malang) / Weny Widyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) dan Model Talking Stick Aktivitas Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Talking Stick pada Mata Pelajaran Manajemen Perkantoran studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X AP SMK Wisnuwardhana Malang sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Wisnuwardhana Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan untuk tiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Aktivitas siswa dalam penerapan kolaborasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Talking Stick siklus I pada pertemuan I menunjukkan presentase keberhasilan mencapai 61.14% dan pertemuan II 62.85% mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 1.71%. Ini menunjukkan peningkatan yang masih belum terlalu tinggi. Sedangkan siklus II pada pertemuan I menunjukkan presentase keberhasilan mencapai 63.72% dan pertemuan II 78.80% mengalami peningkatan yang baik 15.08%. Ini menunjukkan peningkatan yang sudah tinggi dan masuk dalam kategori baik. Hasil belajar dalam penelitian ini meliputi aspek kognitif siswa dari siklus I dan siklus II. Aspek kognitif siswa siklus I menunjukkan nilai rata-rata post test siswa adalah 71.09. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata post test siswa mencapai 83.2.Terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II sebesar 12 11 dengan maksud meningkat dari kategori baik menjadi sangat baik. Saran yang diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah 1) bagi guru mata pelajaran diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas 2) bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal mengemukakan pendapat serta keaktifannya sebagai anggota kelompok maupun individu 3) bagi sekolah SMK Wisnuwardhana Malang diharapkan dapat menjadikan model pembelajaran kooperatif sebagai model pembelajaran di kelas yang tentunya relevan dengan masing-masing pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28781

Actions (login required)

View Item View Item