Implementasi pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (Studi pada mata pelajaranbekerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X Apk-2 SMK PGRI TUren) / Gawan Mukti Pratomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (Studi pada mata pelajaranbekerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X Apk-2 SMK PGRI TUren) / Gawan Mukti Pratomo

Pratomo, Gawan Mukti (2012) Implementasi pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (Studi pada mata pelajaranbekerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X Apk-2 SMK PGRI TUren) / Gawan Mukti Pratomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Aktivitas Hasil Belajar Berdasarkan hasil pengamatan dilokasi penelitian metode pembelajaran yang sering dipakai pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan masih bersifat teacher centered akibatnya siswa menjadi pasif. Ketika dilakukan tes awal untuk mengukur kemampuan siswa nilai Siswa pun masih banyak yang belum mencapai SKM. Oleh karena itu perlu dilakukan variasi dalam dalam proses belajar mengajar untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Siswa yaitu dengan pembelajaran kooperatif. salah satunya adalah tipe Numbered Heads Together (NHT). Pembelajaran kooperatif model NHT merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menonjolkan kerja sama siswa dalam kelompok. Dengan desain yang dibuat sedemikian rupa pembelajaran Kooperatif Model NHT memberikan Siswa lebih banyak waktu dan melatih Siswa untuk berpikir bertukar pendapat bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran Kooperatif Model NHT dalam mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan pada siswa kelas X APK-2 SMK PGRI TUREN (2) Mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan pada siswa kelas X APK-2 SMK PGRI TUREN setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model NHT pada siswa kelas X APK-2 SMK PGRI TUREN (3) Mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas siswa kelas X APK-2 SMK PGRI TUREN pada penerapan pembelajaran Kooperatif Model NHT (4) Mendeskripsikan dan menganalisis respon siswa X APK-2 SMK PGRI TUREN terhadap penerapan pembelajaran Kooperatif Model NHT (5) Mendeskripsikan dan menganalisis hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran Kooperatif Model NHT. PTK ini dirancang untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan PTK dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap-tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Lokasi penelitian ini adalah di MK PGRI TUREN Jl Salak Gang. 1 Turen. Waktu pelaksanaannya pada semester II tahun ajaran 2011/2012 yaitu pada bulan Maret dengan materi Bekerjasama dalam Tim. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Apk-2 SMK PGRI TUREN tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 50 % menjadi 88 89 % pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat ditunjukan dengan peningkatan persentase kelulusan siswa pada siklus I sebesar 47 22% menjadi 58 33% pada siklus II. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model NHT dirasa menyenangkan dapat mempermudah memahami materi pelajaran ekonomi siswa juga menjadi lebih berani untuk mengeluarkan pendapat serta ketuntasan belajar mereka juga dapat meningkat. Hambatan yang dihadapai dalam penerapan Pembelajaran Kooperatif Model NHT adalah waktu yang diberikan kepada peneliti untuk menerapkan model pembelajaran NHT kurang dan siswa terlambat masuk kelas sehingga menyebabkan berkurangnya waktu pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran yaitu pembelajaran kooperatif model NHT perlu diterapkan pada materi atau pelajaran lain yang bersifat teoritis karena telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28780

Actions (login required)

View Item View Item