Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani surat/dokumen kantor (studi pada siswa kelas XI AdP SMK PGRI I Pasuruan) / Nur Halimah Octavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani surat/dokumen kantor (studi pada siswa kelas XI AdP SMK PGRI I Pasuruan) / Nur Halimah Octavia

Octavia, Nur Halimah (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani surat/dokumen kantor (studi pada siswa kelas XI AdP SMK PGRI I Pasuruan) / Nur Halimah Octavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Two Stay Two Stray Aktivitas Belajar Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor kelas XI AdP SMK PGRI I Pasuruan diketahui adanya kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran serta hasil belajar yang kurang memuaskan. Dari keterangan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor siswa kelas XI AdP SMK PGRI 1 Pasuruan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AdP SMK PGRI 1 Pasuruan yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara catatan lapangan pengamatan tes dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar pengamatan catatan lapangan lembar pengamatan aktivitas peneliti dan siswa lembar pengamatan perilaku berkarakter soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray pada mata pelajaran menangani surat/dokumen kantor mengalami peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada waktu kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan aktivitas siswa dalam diskusi kelompok Two Stay Two Stray juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 75 48 dan pada siklus II adalah 86 67. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray karena dapat melatih siswa lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28779

Actions (login required)

View Item View Item