Kurniasari, Devi Dwi (2012) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada mata pelajaran mengikuti prosedur K3LH kelas X APK 1 di SMKN 2 Blitar) Devi Dwi Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Student Teams Achievement Division Student Facilitator And Explaining Hasil Belajar Siswa. Proses belajar mengajar yang tepat akan membantu siswa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dengan mudah. Berkaitan dengan hal itu maka dilakukan penelitian dalam proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH kelas X APK 1 SMKN 2 Blitar diketahui adanya hasil belajar yang kurang memuaskan. Permasalahan tersebut dapat diperbaiki salah satunya dengan melakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang selama ini diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH pada siswa kelas X APK 1 SMKN 2 Blitar (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X APK 1 SMKN 2 Blitar pada mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH setelah menerapkan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator And Explaining (SFAE) (3) mengetahui respon siswa kelas X APK 1 SMKN 2 Blitar pada mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH setelah menerapkan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator And Explaining (SFAE). Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK 1 SMKN 2 Blitar. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelititan ini menggunakan wawancara catatan lapangan pengamatan tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas 3 komponen kegiatan yang saling terkait diantaranya reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh empat simpulan penelitian sebagai berikut (1) penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH pada siswa kelas X APK 1 SMKN 2 Blitar dapat berjalan dengan baik terbukti adanya peningkatan pada hasil belajar. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh dari post-test yang diberikan pada akhir siklus yang diperoleh rata-rata siklus I adalah 79 67 dan rata-rata siklus II adalah 85 33 serta (3) selama pelaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator And Explaining (SFAE) untuk mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH pada siswa kelas X APK 1 SMKN 2 Blitar dapat dapat diketahui bahwa siswa cenderung lebih setuju untuk menerapakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada Mata Pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH maupun pada mata pelajaran lainnya yang sesuai. Siswa pun lebih antusias untuk mencari referensi lainnya selain modul yang terkait dengan materi K3LH. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah (1) Bagi guru sebaiknya menerapkan Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator And Explaining (SFAE) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada Mata Pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH serta mata pelajaran lainnya yang mengajarkan keterampilan social siswa. Sehingga tercipta pembelajaran variatif dan menyenangkan yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa (2) Bagi siswa meningkatkan keaktifan dalam kelas saling menghargai dan bekerjasama antar sesame teman sehingga suasana kondusif dan kelas menyenagkan yang menunjang hasil belajar siswa dapat terwujud (3) Bagi peneliti berikutnya melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan penelitian ini seperti mengukur prestasi belajar siswa ataupun keaktifan siswa dan menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator And Explaining (SFAE) bukan hanya pada mata pelajaran Mengikuti Prosedur K3LH saja tetapi juga mata pelajaran lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |