Ilmiyah, Rosida (2012) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (study kasus siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang pada mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi) / Rosida Ilmiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif model student facilitator and explaining keaktifan dan hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan dilokasi penelitian hasil belajar dan keaktifan siswa cenderung menurun dikarenakan guru mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi masih menggunakan metode konvensional dalam mengajar. Sehingga siswa cenderung diam dan tidak memperhatikan guru saat mengajar karena siswa merasa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang cenderung monoton. Dengan demikian untuk dapat lebih meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa perlu dilakukan variasi dalam proses belajar mengajar misalnya dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif terdapat beberapa model pembelajaran salah satunya adalah model Student Facilitator And Explaining. Melalui pembelajaran kooperatif model Student Facilitator And Explaining siswa dilatih bekerjasama saling mendengarkan pendapat teman dan bertanggung jawab menunjukkan penguasaanya terhadap materi yang ditugaskan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pembelajaran model Student Facilitator And Explaining yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang. Data penelitian diperoleh melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1)Reduksi data 2)Penyajian data dan 3)Penyimpulan hasil analisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk mengetahui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa untuk mengetahui respon siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang terhadap proses pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model Student Facilitator And Explaining meliputi pertama siswa dibentuk kedalam kelompok-kelompok kedua siswa diberi sub materi yang akan didiskusikan dalam kelompok ketiga tiap-tiap kelompok dipersilahkan untuk mempresentasikan hasil diskusi yang keempat guru menerangkan kembali materi yang belum dipahami siswa 2) penerapan model Student Facilitator And Explaining terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Perbandingan nilai awal siswa dengan nilai posttest 1 dan posttest 2 adalah 52 81 mengalami peningkatan sebesar 19 8 menjadi 72 6 3) Untuk data aktivitas siswa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata ii aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70 36% pada tingkat baik menjadi 84% pada siklus II 4) Sedangkan dari data respon siswa dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa lebih senang belajar dengan metode pembelajaran kooperatif khususnya model Student Facilitator And Explaining dan siswa lebih mudah memahami materi dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining sehingga berdampak positif bagi peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah gunakan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa guru dihimbau untuk mengajak siswa mengadakan diskusi kelompok dan sediakan modul khusus untuk menunjang proses belajar. Bagi siswa belajar yang rajin jangan hanya mengandalkan guru sebagai sumber belajar. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya model ini dikembangkan lagi dan tidak hanya dalam mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi tetapi di mata pelajaran yang lain juga pemberian motivasi untuk siswa harus lebih ditingkatkan agar siswa lebih antusias dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |