Rini, Anggun Puspita (2012) Penerapan active learning model snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sisw pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan / Anggun Puspita Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Aktif Snowball Throwing Aktivitas Belajar Hasil Belajar Penelitian Tindakan kelas Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada kelas X APK 3 SMK Tekstil Pandaan menunjukkan bahwa kegiatan belajar masih didominasi oleh guru. Metode ceramah dan mencatat selalu dilakukan pada saat pemberian materi pembelajaran. Siswa kurang mendapat kesempatan untuk lebih aktif ketika proses pembelajaran dan dapat belajar secara mandiri. Peneliti memberikan inovasi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada kelas X APK 3 SMK Tekstil Pandaan (2) menjelaskan penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (3) menjelaskan kendala dan solusi selama proses pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini bersifat alami dan data yang diperoleh dijabarkan dengan kalimat sesuai dengan subyek dan obyek penelitian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara (2) observasi (3) catatan lapangan (4) dokumentasi dan (5) Angket. Hasil penelitian pada penerapan model Snowball Throwing terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Aktivitas yang terjadi pada kelas X APK 3 SMK Tekstil Pandaan menunjukkan peningkatan sebesar 0 64% dari siklus I ke siklus II. Sedangkan pada hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan 29 34% dari siklus I ke siklus II. Kelemahan dari pembelajaran menggunakan Snowball Throwing ini yaitu keadaan siswa yang belum pernah mengenal model pembelajaran ini kurangnya modul dan motivasi siswa yang rendah terhadap model pembelajaran ini. Solusinya yaitu guru selalu membuka diri jika ada siswa yang bertanya karena mengalami kesulitan selalu memberikan Hand Out serta memberikan penghargaan bagi siswa untuk menumbuhkan motivasi pada diri mereka. Saran bagi peniliti selanjutnya yaitu memberikan Hand Out dengan materi yang tidak terlalu panjang dan dianjurkan untuk menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran yang lain tetapi dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran tersebut. Karena model pembelajaran ini hanya sesuai untuk mata pelajaran yang terdapat banyak teori bukan praktek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |