Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelasw X AP 1 SMK PGRI 3 Blitar) / Isma Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelasw X AP 1 SMK PGRI 3 Blitar) / Isma Setyowati

Setyowati, Isma (2012) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelasw X AP 1 SMK PGRI 3 Blitar) / Isma Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Cooperative Script Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Siswa. SMK PGRI 3 Blitar adalah SMK swasta yang memiliki lahan yang paling luas di kota Blitar dan memiliki program keahlian Administrasi Perkantoran Akuntansi Pemasaran dan Teknik Komputer Jaringan. Mayoritas siswa di SMK PGRI 3 Blitar adalah perempuan dan seluruh siswa program keahlian Administrasi perkantoran adalah pada tahun ajaran 2011/2012 adalah perempuan. Pada penelitian ini subjeknya adalah siswa Kelas X AP 1 pada Mata Pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen. Permasalahan pembelajaran yang terdapat di Kelas AP 1 SMK PGRI 3 Blitar adalah siswa cenderung pasif belum terbiasa mengungkapkan pendapat merasa canggung mengangkat tangan dan takut menjawab pertanyaan aktivitas lebih banyak mendengarkan dan mencatat materi apa yang disampaikan guru saat ada pertanyaan atau tugas dari guru siswa saat akan menjawab masih membuka modul dan bertanya dengan temannya sehingga suasana pembelajaran cenderung membosankan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini berupa uraian-uraian atau kalimat yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian di Kelas X AP 1 SMK PGRI 3 Blitar dengan Kompetensi Dasar Mendistribusikan Dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SMK PGRI 3 Blitar diketahui bahwa penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script (1) menjadikan siswa aktif berani mencoba bertanya menjawab dan mengungkapkan pendapat (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan (3) meningkatkan hasil belajar aspek kognitif serta afektif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 23 31% dari siklus I sebesar 70 24% menjadi 93 55% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif sebesar 8 80% dari siklus I sebesar 78 03% menjadi 86 83% pada siklus II. Sedangkan pada aspek afektif mengalami peningkatan sebesar 24 65% pada siklus I mencapai rata-rata 67 94% dan pada siklus II mencapai rata-rata 92 59%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28772

Actions (login required)

View Item View Item