Penerapan model TGT (Team-Games-Tournaments) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran keamanan, kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup (studi pada kelas X APK SMK Muhammadiyah V Kepanjen) / Anindita Gempita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model TGT (Team-Games-Tournaments) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran keamanan, kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup (studi pada kelas X APK SMK Muhammadiyah V Kepanjen) / Anindita Gempita

Gempita, Anindita (2012) Penerapan model TGT (Team-Games-Tournaments) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran keamanan, kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup (studi pada kelas X APK SMK Muhammadiyah V Kepanjen) / Anindita Gempita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Team Game Tournament (TGT) dan hasil belajar. Model pemaduan Team Game Tournament (TGT) merupakan salah satu penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum saat ini dimana proses belajar mengajar di kelas terpusat pada siswa ( student oriented). Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMK Muhammadiyah V Kepanjen dapat diketahui bahwa metode pengajaran yang diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas adalah metode ceramah dan metode tanya jawab. Metode pengajaran tersebut kurang mengembangkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan model pembelajran Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keamanan Kesehatan dan keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup di di SMK Muhammadiyah V Kepanjen. Subyek dan tempat dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Apk 2 di SMK Muhammadiyah V Kepanjen yang berjumlah 42 siswa. Penelitian dilakukan pada bulan November 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X Program Keahlian Apk 2 di di SMK Muhammadiyah V Kepanjen Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket atau kuesioner wawancara observasi dokumentasi skenario pembelajaran dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) dalam siklus I nilai rata-rata pre test dan post test siswa kelas X APK meningkat dari 60 52 menjadi 75 95 dengan persentase kenaikan sebesar 25%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pre test dan post test siswa kelas X APK meningkat dari 72 70 menjadi 84 86 dengan persentase kenaikan 16%. (2) Hasil belajar pada aspek aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I siswa kelas X APK 2 memilki rata-rata total sebesar 55 72 (cukup baik). Sedangkan pada siklus II sebesar 80 08 (sangat baik). (3) Respon siswa kelas X APK 2 di SMK Muhammadiyah V Kepanjen terhadap Model Pembelajaran TGT menunjukkan respon positif dari setiap pernyataan yang diajukan.. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan Model Pembelajaran Koooeratif TGT untuk Mata Pelajaran K3LH kelas X Apk 2 SMK Muhammadiyah V Kepanjen menunjukkan bahwa Pembelajaran TGT telah banyak memberikan manfaat pembelajaran yang berbentuk turnamen yang dapat meningkatkan pemahaman siswa (2) Berdasarkan hasil analisis angket yang berisikan respon siswa terhadap mata pelajaran K3LH dari penerapan model Pembelajran TGT menunjukkan bahwa siswa lebih senang belajar secara berkelompok (kooperatif). Siswa merasa lebih senang ketika belajar K3LH dan cepat memahami materi setelah mengalami proses pembelajaran melalui model Pembelajaran TGT (3) Hasil belajar siswa dengan adanya penerapan pembelajaran TGT untuk Mata Pelajaran K3LH kelas X Apk 2 SMK Muhammadiyah V Kepanjen menunjukkan hasil yang sangat baik dan mencapai ketuntasan belajar. Prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dari hasil analisis prestasi belajar kognitif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa (1) Bagi guru SMK Muhammadiyah V kepanjen diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran. Khususnya bagi guru mata pelajaran K3LH agar dapat menerapkan model Pembelajaran Kooperatif TGT sebagai alternatif model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagi siswa agar dapat belajar dengan giat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis berani mengungkapkan pendapat meningkatkan aktivitas belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Bagi peneliti berikutnya hendaknya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif TGT bukan hanya pada mata pelajaran K3LH tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28771

Actions (login required)

View Item View Item