Pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi religiusitas / Ida Kurniawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi religiusitas / Ida Kurniawati</p>

Kurniawati, Ida (2023) Pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi religiusitas / Ida Kurniawati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku kecurangan akademik dapat terjadi disebabkan oleh dimensi fraud diamond yang terdiri dari tekanan akademik kesempatan kecurangan akademik rasionalisasi kecurangan akademik dan kapabilitas kecurangan akademik. Salah satu upaya untuk mengurangi kecurangan adalah dengan meningkatkan religiusitas siswa agar mampu mengolah diri dalam masa transisi menuju kedewasaan. Penelitin ini bertujuan untuk 1) menguji pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik pada sekolah berbasis umum dan agama 2) menguji pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi religiusitas. Variabel independen dalam penelitian ini adalah dimensi fraud diamond yang terdiri dari tekanan akademik kesempatan kecurangan akademik rasionalisasi kecurangan akademik dan kapabilitas kecurangan akademik. Variabel dependen adalah perilaku kecurangan akademik dan variabel moderasi adalah religiusitas. Jumlah populasi sebanyak 148 siswa dari SMK berbasis umum dan agama di Malang. Tehnik sampling menggunakan sampel populasi. Tehnik pengumpulan data mengunakan kuisioner. Tehnik analisis data menggunakan Sub Group Analysis dan Moderated Regression Analysis (MRA) ndash pure moderation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan akademik dan kesempatan kecurangan akademik tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik pada sekolah berbasis umum dan agama. Rasionalisasi dan kapabilitas kecurangan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik pada sekolah berbasis umum dan agama. Serta religiusitas tidak memoderasi pengaruh rasionalisasi dan kapabilitas kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik di kedua sekolah penelitian. Saran peneliti (1) Bagi siswa yaitu mengurangi perilaku kecurangan dan meningkatkan kejujuran dalam ujian. (2) Bagi peneliti selanjutnya yaitu melakukan pengukuran yang lebih mendalam mengenai religiusitas dengan menggunakan tingkatan Taksonomi Krathwohl.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287702

Actions (login required)

View Item View Item