Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Wisnuwardhana Malang) / Ervina Wulandar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Wisnuwardhana Malang) / Ervina Wulandar

Wulandari, Ervina (2012) Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Wisnuwardhana Malang) / Ervina Wulandar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Snowball Throwing Aktivitas Hasil Belajar. Proses belajar mengajar yang baik merupakan salah satu perwujudan peningkatan kualitas tujuan pembelajaran bagi siswa untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dengan mudah. Berkaitan dengan hal itu maka peneliti memberikan inovasi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada kelas X APK Wisnuwardhana Malang (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa (3) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan untuk tiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penerapan model pembelajaran Snowball Throwing yaitu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model ini berlangsung dengan baik siswa dapat mengikuti tahapan-tahapan pada model pembelajaran. Aktivitas yang terjadi di kelas X APK pada siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dengan prosentase keberhasilan sebesar 4 715% sedangkan nilai karakteristik bangsa mengalami peningkatan prosentase sebesar 25 2025% dari siklus I ke siklus II. Maka hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebsesar 26 33%. Dan hasil dari respon siswa mendapatkan tanggapan sangat positif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terlaksana dengan baik dapat meningkatkan aktivtas dan hasil belajar siswa serta mendapat tanggapan sangat positif dari siswa. Saran peneliti yaitu hendaknya guru dapat menggunakan model pembelajaran ini sebagai variasi pada kegiatan pembelajaran dan peneliti selanjutnya dapat menerapkan model ini pada mata pelajaran lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28770

Actions (login required)

View Item View Item