Faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar pada siswa akuntansi / ANITA ROSYIDAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar pada siswa akuntansi / ANITA ROSYIDAH

Rosyidah, Anita Rosyidah (2022) Faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar pada siswa akuntansi / ANITA ROSYIDAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak pembelajaran dilaksanakan secara online siswa mengalami kesulitan yang berbeda dibanding dengan pembelajaran offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar kebiasaan belajar lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar siswa. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanasi. Sampel penelitian yakni 108 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga dari SMK Negeri 1 Pasuruan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang disebar secara online menggunakan google form dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar kebiasaan belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar. Namun lingkungan sekolah tidak berpengaruh terhadap kesulitan belajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disarankan (1) bagi siswa diharapkan membuat target nilai untuk meningkatkan motivasi dan meminimalisir kesulitan belajar. Selain itu hendaknya siswa menjadikan metode membaca sebagai salah satu dari kebiasaan belajar (2) bagi guru hendaknya menjalin komunikasi dengan orang tua mengenai belajar siswa supaya dapat meminimalisir kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287691

Actions (login required)

View Item View Item