Penerapan model pembelajaran NHT dan carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Zulistiowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran NHT dan carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Zulistiowati

Zulistiowati (2012) Penerapan model pembelajaran NHT dan carousel feedback untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang / Zulistiowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Numbereds Heads Together (NHT) Pembelajaran Carousel Feedback Hasil Belajar. Pendidikan merupakan sebuah tolok ukur keberhasilan suatu bangsa. Akan tetapi banyak masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan salah satunya adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan siswa hanya diam duduk dan menerima informasi dari guru. Guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang kreatif dan menarik perhatian siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian membuat siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran serta kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru karena mereka merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang monoton. Masalah ini pada akhirnya berdampak negatif pada hasil belajar siswa di sekolah. Stategi-strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar adalah menerapkan model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) atau Carousel Feedback agar dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir mengeluarkan pendapat dan bekerjasama dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Carousel Feedback untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Carousel Feedback untuk mengetahui apa saja hambatan sekaligus solusi dalam pelaksanaan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Carousel Feedback pada mata pelajaran Prinsip prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 (empat) siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1)Reduksi data 2)Penyajian data dan 3)Penyimpulan hasil analisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Carousel Feedback dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berdasarkan pada siklus I hasil belajar rata-rata siswa adalah 78 67 dan mengalami peningkatan sebesar 2 66 menjadi 81 33 pada siklus II .Aspek afektif pada siklus I memiliki rata-rata nilai 84 92 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86 29 . Aspek psikomotorik pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 83 4 dan meningkat sebesar 3 8 menjadi 87 2 pada siklus II. Aspek nilai karakter pada siklus I pada semua indikator masih memerlukan adanya perbaikan dan pada siklus II hanya satu indikator yang masih memerlukan perbaikan. Selain itu penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) mendapat respon sangat positif sebesar 93% siswa dan 7% siswa memberikan respon positif. Sedangkan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Carousel Feedback berdasarkan pada siklus III hasil belajar rata-rata siswa adalah 88 67 dan mengalami peningkatan sebesar 0 6 menjadi 89 33 pada siklus IV .Aspek afektif pada siklus III memiliki rata-rata nilai 90 96 dan mengalami peningkatan sebesar 2 93 menjadi 93 89 pada siklus IV. Aspek psikomotorik pada siklus III rata-rata nilai siswa sebesar 89 4 dan meningkat sebesar 0 8 menjadi 90 2 pada siklus IV. Aspek nilai karakter baik pada siklus III maupun IV tidak ada indikator yang memerlukan adanya perbaikan. Selain itu penerapan model pembelajaran Carousel Feedback 100% mendapat respon sangat positif dari siswa. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah biasakan untuk menggunakan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) atau Carousel Feedback dalam meningkatkan minat belajar siswa biasakan untuk mengadakan diskusi kelompok sesuaikan pelaksanaan siklus belajar dengan RPP bagi siswa SMK belajar yang rajin biasakan berdiskusi dan mengeluarkan pendapat untuk penelitian selanjutnya hendaknya model-model ini dikembangkan lagi dan tidak hanya dalam pelajaran Prinsip prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan tetapi di mata pelajaran yang lain juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28769

Actions (login required)

View Item View Item