Penerapan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran etika komunikasi kantor (studi pada siswa kelas X APK di SMK Wisnuwardhana Malang) / Selvi Kusdwi Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran etika komunikasi kantor (studi pada siswa kelas X APK di SMK Wisnuwardhana Malang) / Selvi Kusdwi Wijaya

Wijaya, Selvi Kusdwi (2012) Penerapan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran etika komunikasi kantor (studi pada siswa kelas X APK di SMK Wisnuwardhana Malang) / Selvi Kusdwi Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) aktivitas belajar hasil belajar Etika komunikasi kantor. Pemberian materi secara ceramah harus dipadukan dengan metode pembelajaran lain yang dapat menunjang siswa untuk lebih aktif. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran dengan cara ceramah dan mencatat dapat ditambahkan dengan penggunaan metode lain yang menjadikan siswa dapat berperan aktif. Peneliti memberikan inovasi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC pada kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang (2) Mendeskripsikan penerapan model CIRC dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap-tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi (2) angket (3) catatan lapangan (4) dokumentasi (5) wawancara. Hasil penelitian pada penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model ini berlangsung dengan baik siswa dapat mengikuti tahapan-tahapan pada model pembelajaran ini. Aktivitas yang terjadi di kelas X APK pada siklus I mengalami penurunan sebasar 1 34% sedangkan pada siklus II meningkat 2 68%. Maka pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1 34%. Sedangkan pada hasil belajar siswa siklus I mengalami peningkatan nilai sebesar 12 32 dan pada siklus II meningkat sebesar 0.93. Maka hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami penurunan nilai sebesar 11 39. Hal ini menunjukkan pembelajaran model CIRC tidak dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus I ke siklus II tidak adanya ketuntasan belajar siswa pada nilai SKM mata pelajaran etika komunikasi kantor. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model CIRC terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa tetapi model ini tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran peniliti yaitu hendaknya guru dan peneliti selanjutnya dapat menggunakan model pembelajaran ini sebagai variasi pada kegiatan pembelajaran dan menerapkan model ini pada mata pelajaran lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28768

Actions (login required)

View Item View Item