Penerapan model Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajart mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Ma'arif NU 04 Pakis-Malang) / Leny Tri Oktafiany - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajart mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Ma'arif NU 04 Pakis-Malang) / Leny Tri Oktafiany

Oktafiany, Leny Tri (2012) Penerapan model Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajart mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Ma'arif NU 04 Pakis-Malang) / Leny Tri Oktafiany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model Teams Games Tournaments (TGT) aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara awal dengan guru mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tanggal 26 Januari 2012 di SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang di peroleh informasi bahwa pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tidak ditunjang oleh penggunaan model-model mengajar yang bervariasi. Secara umum aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas X Pemasaran kurang memuaskan dan kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan di SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang yaitu 7 50. Salah satu strateginya menerapkan pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dimana setelah siswa belajar dalam kelompoknya yang berkemampuan heterogen setelah itu masing-masing kelompok mengadakan turnamen dengan kelompok yang lain yaitu kelompok yang berkemampuan homogen atau sesuai dengan kemampuannya. Masing-masing siswa mewakili kelompok asal dalam melakukan turnamen dan berusaha bertanding mendapatkan skor terbaik untuk kelompok heterogennya. Bagi kelompok yang mendapatkan skor terbaik dalam turnamen akan mendapatkan hadiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Teams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) siswa kelas X Pemasaran di SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang 2) Meningkatkan aktivitas belajar mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang melalui penerapan pembelajaran model Teams Games Tournaments (TGT) 3) Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang melalui penerapan pembelajaran model Teams Games Tournaments (TGT) 4) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model Teams Games Tournaments (TGT) pada mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang. Hasil dari presentase aktivitas siswa pada siklus I 75% meningkat menjadi 86 1 % pada siklus II sedangkan hasil dari aspek kognitif hasil belajar tersebut ditunjukkan dalam nilai rata-rata pre-test dan post-test siswa pada siklus I dengan jumlah nilai rata-rata pre-test 59 94 dan jumlah nilai rata-rata post-test 73 42. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pre-test siswa ada peningkatan tetapi tidak tinggi menjadi 61 48 dan jumlah nilai rata-rata post-test ada peningkatan tetapi tidak tinggi menjadi 76 06. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model Teams Games Tournaments (TGT) dalam aktivitas dan hasil belajar ada peningkatan tetapi tidak tinggi pada mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) siswa kelas X Pemasaran di SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang. Saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian 1) Bagi Guru Mata Pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kelas X Pemasaran SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang a) Menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat b) Penerapan dan pelaksanaan model pembelajaran Teams Games Tournaments hendaknya lebih variatif misalnya dengan mengajak para siswa terjun langsung ke lapangan untuk mengamati obyek yang dipelajari c) Permasalahan yang digunakan dalam model pembelajaran Teams Games Tournaments hendaknya lebih aktual dan beragam d) Hendaknya memperhatikan alokasi waktu sesuai dengan yang sudah direncanakan. 2) Bagi Siswa Kelas X Pemasaran SMK Ma arif NU 04 Pakis-Malang Dapat mempelajari materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melalui kegiatan terjun langsung ke lapangan untuk mengamati obyek yang dipelajari sehingga pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi lebih menarik untuk dipelajari. 3) Untuk peneliti selanjutnya a) Disarankan untuk menerapakan model pembelajaran Teams Games Tournaments pada mata pelajaran yang berbeda b) Disarankan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tidak perlu memakai Pre-Test c) Untuk membandingkan hasil belajar peneliti selanjutnya dapat membandingkan dengan nilai ulangan harian kemudian dibandingkan dengan nilai Post-Test dan Standar Ketuntasan Minimum (SKM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28767

Actions (login required)

View Item View Item