Syafii, Akhmad (2012) Penerapan pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup siswa SMK Wisnuwardhana Malang / Akhmad Syafii. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Hasil Belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMK Wisnuwardhana Malang diperoleh informasi bahwa pembelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup sudah mulai menggunakan variasi bentuk model pembelajaran namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Hal ini karena model pembelajaran yang dilakukan tidak didukung dengan penggunaan media pembelajaran cenderung mencatat dan penugasan saja. Salah satu model pembelajaran yang dapat memperbaiki proses belajar mengajar dikelas tersebut adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together adalah strategi pembelajaran dimana para siswa aktif bekerjasama dalam kelompok kecil yang dimulai dengan penomoran pengajuan pertanyaan berfikir bersama dan pemberian jawaban. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) karena dalam penelitian ini peneliti bekerja sama dan berkolaborasi dengan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini terbagi dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning) tindakan (acting) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup sudah berjalan dengan lancar hal ini ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan ketuntasan individual 32 siswa (88 9 %) meningkat sebesar 27 8% dari siklus 1. Didalam pembelajaran kooperatif harus ada elemen yang terkandung didalam setiap pembelajaran antara lain saling ketergantungan positif interaksi tatap muka pertanggung jawaban individu keterampilan menjalin hubungan antar pribadi (2) tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran koperatif model Numbered Heads Together (NHT) secara umum positif yaitu antara lain siswa merasa bahwa model Numbered Heads Together (NHT) menyenangkan dan bisa dijadikan variasi kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton hanya beberapa siswa yang merasa terbebani dengan penerapan pembelajaran ini (3) tanggapan guru terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) cukup positif guru beranggapan bahwa model tersebut dapat membuat siswa aktif bekerja mengemukakan pendapat dalam diskusi (4) hasil belajar siswa dilihat dari 2 ranah yaitu kognitif dan afektif. Dalam vii pelaksanaannya terdapat peningkatan dimana dari siklus 1 sampai siklus 2 terjadi kenaikan hal ini dapat dilihat bahwa hampir seluruh nilai siswa telah memenuhi standart kelulusan yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) Bagi sekolah SMK hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan dalam upaya perbaikan penerapan strategi pembelajaran di SMK Wisnuwardhana Malang karena pembelajran model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagi guru mata pelajaran Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hiadup di SMK Wisnuwardhana Malang dianjurkan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu juga siswa dapat dilatih saling bekerjasama dengan teman melatih rasa percaya diri siswa dan dapat menerima pendapat orang lain. Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) (3) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran lain sebagai salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar yang valid. Seperti pada mata pelajaran berkomunikasi melalui telepon dan bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (4) Bagi siswa SMK hendaknya lebih meningkatkan kreatifitas mereka untuk berfikir lebih maju dan berani mengungkapkan pendapat. Selain itu siswa diharapkan dapat saling bekerjasama dalam suatu kelompok dan berusaha menghargai orang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28766 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |