Penerapan kolaborasi model pembelajaran Inquiry dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa tingkat X Jurusan Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran Inquiry dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa tingkat X Jurusan Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1

Lestari, Kartika Ayu (2012) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Inquiry dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan (Studi pada siswa tingkat X Jurusan Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Inquiry Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions(STAD) Hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajarankolaboratif yang dapatmembantumeningkatkankemampuansiswadalam proses belajaradalahkolaborasi model pembelajaran Inquiry danmodel pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions (STAD). Pemilihankolaborasi model pembelajaranInquiry dan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions(STAD) sebagai focus penelitianini disebabkanmodel pembelajarankolaborasiinidapatmempermudahsiswamemahamimateri yang diajarkanmelaluifaktanyata yang adadalamkehidupansehari-hari meningkatkanprestasibelajarsiswamelalui system gotong-royong(salingmembantu).Suasanabelajarkontekstualsertasuasanabelajarkooperatifmenghasilkanhasilbelajar yang lebihbaik pemahamanmaterilebihcepat mudahmengingat hubungan yang lebihpositif danpenyesuaianpsikologis yang lebihbaik. Tujuanpenelitianadalahuntukmengetahuipenerapan hasilbelajarsiswa hambatandansolusi danresponsiswaterhadappenerapankolaborasi model pembelajaranlnquirydan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions (STAD) padasiswakelas X APk 2 di SMK Negeri 1 Malang. Subyekpenelitianadalahsiswakelas X APk 2 di SMK Negeri 1 Malangdenganjumlah39siswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatif yang dirancangdengandesainPenelitianTindakanKelas (PTK).Data penelitiandikumpulkanmelalui 1) observasi 2) tes 3) angket 4) catatanlapangan 5) dokumentasi dan 6) wawancara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peningkatan aktivitasjumlahsiswabertanyasebesar8 9% darisemula66 7% menjadi75 6% 2) Setelahadanyapenerapankolaborasi model pembelajaraninihasilbelajarsiswamengalamipeningkatan yangdapatterlihatdarinilai rata-rata kelassebesar77 5menjadi86 5 3) Hambatan yang dihadapipenelitidalampenelitianpenerapankolaborasi model pembelajaranadalahsiswamengalamikesulitanuntukmenemukanfaktanyata yang terkaitdenganmateri yang dijarkan kolaborasi model PembelajaranInquirydanStudent Teams Achievement Divisionsbelumpernahadasebelumnya alokasiwaktu yang digunakankurangefektifterutamapadapelaksanaanpembelajaranSiklus I yaitupadapembentukankelompokdanpelaksanaandiskusikelompok siswakurangmemahamipelaksanaandiskusi yang baik Siswakurangberaniuntukmengemukakanpendapatdalamdiskusikelas dan 4) Responpostifsiswaterhadappenerapankolaborasi model pembelajaranini. Saran bagi peneliti selanjutnya hendaknya menerapkan model pembelajaran kolaboratif yang lebih bervariasi dan dapat lebih mengembangkan dan mengimplementasikan kolaborasi model pembelajaran inquiry dan Student Teams Achievement Divisions pada mata pelajaran lain yang relevan. Bagi sekolah diharapkan dapat mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan masing-masing karakteristik mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28765

Actions (login required)

View Item View Item