Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran (studi pada siswa Administrasi Perkantoran kelas X SMK Wisnuwardhana Malang) / Junita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran (studi pada siswa Administrasi Perkantoran kelas X SMK Wisnuwardhana Malang) / Junita

Kuswandari, Junita (2012) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran (studi pada siswa Administrasi Perkantoran kelas X SMK Wisnuwardhana Malang) / Junita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Cooperative Script Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh aktivitas belajar mereka. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa metode pengajaran yang digunakan oleh guru mata diklat Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran masih menggunakan metode pembelajaran konvensional di mana selama proses belajar mengajar siswa hanya melihat mendengarkan dan mencatat. Selain itu siswa kurang diajarkan untuk bisa bekerjasama mengutarakan pendapat serta menghargai pendapat siswa lainnya dalam memecahkan suatu permasalahan di dalam kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK Wisnuwardhana Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 36 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi tes catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada siklus I hasil belajar rata-rata siswa adalah 64 6 dan mengalami peningkatan sebesar 27 menjadi 91 6 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memiliki persentase ketuntasan 77% dengan kategori baik. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5% menjadi 82% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang bisa diberikan adalah model pembelajaran Cooperative Script perlu diterapkan dalam proses pembelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hendaknya siswa perlu dibiasakan untuk berdiskusi serta saling memberikan tanggapan agar siswa dapat terlatih dalam berpikir kritis dan tidak pasif saat di kelas. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya model ini dikembangkan lagi dan tidak hanya dalam pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran tetapi juga pada diklat yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28763

Actions (login required)

View Item View Item