Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Ridwan Ady Pranata - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Ridwan Ady Pranata

Pranata, Ridwan Ady (2012) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktvitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Ridwan Ady Pranata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Role Playing aktivitas dan hasil belajar. Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan di kelas dengan harapan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas. Dalam pembelajaran ini siswa dapat berperan aktif dan dapat mengetahui secara langsung bagaimana aplikasi dari mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Role Playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan. Ada 4 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu 1) penerapan model pembelajaran Role Playing 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran model Role Playing 3) hasil belajar siswa 4) hambatan dalam penerapan model pembelajaran Role Playing dan solusi mengatasinya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program studi administrasi perkantoran yang berjumlah 30 orang (semuanya putri). Penelitian ini dilakukan pada 24 Januari 2012 hingga 14 Februari 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) penerapan model Role Playing terdiri dari 6 tahapan yaitu (a) pembagian kelompok (b) pembagian skenario (c) pemilihan peran (d) mempelajari skenario (e) bermain peran (f) evaluasi 2) Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan persentase aktivitas belajar siswa 3) Penerapan model pembelajaran Role Playing juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif sedangkan untuk aspek psikomotorik siswa juga terdapat peningkatan 4) Salah satu hambatan dalam menerapkan model pembelajaran Role Playing yaitu membutuhkan waktu yang cukup banyak baik dalam perencanaan maupun pelaksanaanya sehingga guru harus cermat dalam mengalokasikan waktu pada tiap pertemuannya. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi guru mata pelajaran hendaknya menjadikan alternatif pilihan model pembelajaran Role Playing ini dalam kegiatan pembelajaran di kelas (2) bagi siswa hendaknya tetap harus berani dan memiliki motivasi tinggi untuk terus mengikuti kegiatan pembelajaran meskipun tidak menerapkan model pembelajaran Role Playing (3) bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran dan subyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28762

Actions (login required)

View Item View Item