Wardani, Erna Fitri Noviyanti (2012) Pelaksanaan pembelajaran model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi (Studi kasus siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang) / Erna Fitria Novianti H.W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Model STAD Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Permasalahan yang melatari penelitian ini adalah bahwa metode pengajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Wisnuwardhana Malang masih menggunakan metode konvensional sehingga peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Masalah ini membuat hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar adalah menerapkan pembelajaran model STAD agar dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir meningkatkan aktivitas belajar siswa dan melatih kerjasama di dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model STAD untuk mengetahui pembelajaran model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa untuk mengetahui hambatan sekaligus solusi dalam pelaksanaan pembelajaran model STAD di kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berusaha mengungkapkan penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara menyeluruh yang menghasilkan data deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara tes angket catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang yang berjumlah 35 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1)Reduksi data 2)Penyajian data dan 3)Penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada siklus I prosentase aktivitas belajar siswa adalah 74 09% dan mengalami peningkatan sebesar 9 14% menjadi 83 23% pada siklus II. Perbandingan rata-rata nilai awal siswa dengan rata-rata nilai post test 1 adalah 10 27 dari yang semula 53 17 menjadi 63 44 hal ini terus meningkat pada nilai rata-rata post test 2 yaitu dari rata-rata nilai awal 53 17 menjadi 75 14 pada post test 2. Aspek psikomotor pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 90 71 mengalami peningkatan sebesar 7 14 menjadi 97 85 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang bisa diberikan adalah pembelajaran model STAD perlu diterapkan dalam proses pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi siswa SMK biasakan memahami makna suatu materi bukan hafalan biasakan mengeksplorasi pemahaman yang dimiliki sebelum bertanya kepada guru. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya model ini dikembangkan lagi tidak hanya dalam pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi tetapi juga pada mata pelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |