Karina, Denok Dhamayanti (2012) Efektivitas penerapan Project Based Learning (PBL)/pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar anak didik pada mata pelajaran mengatur perjalanan bisnis / Denok Dhamayanti Karina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci efektivitas project based learning hasil belajar dan mata pelajaran mengatur perjalanan bisnis. Dampak negatif dan positif secara fisik dan mental dalam diri siswa muncul dari model pembelajaran yang ada dalam proses belajar mengajar di sekolah sebagai implikasi salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia melalui evaluasi model pembelajaran. Berbagai upaya sebagai wujud perencanaan untuk siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar tengah dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Model pembelajaran bertujuan mencapai proses belajar mengajar yang optimal efektif dan efisien. SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen merupakan lembaga pendidikan yang menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu Project Based Learning (PBL) pada mata pelajaran mengatur perjalanan bisnis. Fokus penelitian ini mengungkap (1) penerapan Project Based Learning (PBL) pada mata pelajaran mengatur perjalanan bisnis siswa kelas XII APK jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (2) efektivitas penerapan Project Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar anak didik pada mata pelajaran mengatur perjalanan bisnis siswa kelas XII APK jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan (3) model pembelajaran mana yang lebih efektif Project Based Learning (PBL) atau model Konvensional untuk meningkatkan hasil belajar anak didik pada mata pelajaran mengatur perjalanan bisnis siswa kelas XII APK jurusan Administrasi Perkantoran daripada model konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain yang digunakan Rendomized Control Group Pretest Posttest dengan rancangan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu nilai tes yang berupa nilai pretest dan posttest. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik tersebut selanjutnya dianalisis dan dihitung untuk menyusun temuan penelitian yang diperoleh dari informan kunci yaitu guru pengajar mata pelajaran mengatur perjalanan bisnis. Keabsahan data dijuji dan diperiksa dengan T-test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan (1) penerapan Project Based Learning sebagai berikut (a) kegiatan awal/apersepsi yaitu guru membuka pelajaran dengan member salam mengabsen menyampaikan tujuan pembelajaran dan me-review materi sebelumnya (b) kegiatan inti yaitu guru menjelaskan tujuan dan memotivasi siswa melakukan persiapan memberikan topic merencanakan kegiatan dan langkah-langkah melakukan investigasi melakukan finishing melakukan monitoring dan evaluasi dan yang terakhir memberikan posttest berupa 20 soal pilihan ganda (c) kegiatan akhir yaitu memberikan koreksi bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan dan memberikan penguatan/motivasi (2) pengajaran menggunakan model Project Based Learning lebih efektif dan memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar serta antusiasme guru dan siswa yang lebih baik (3) penerapan model pembelajaran yang lebih efektif untuk mata pelajaran Mengatur Perjalanan Bisnis pada siswa kelas XII APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen adalah menggunakan model Project Based Learning terbukti dengan tingginya nilai rata-rata siswa dan prosentase ketuntasan belajar. Berdasarkan kesimpulan hasil temuan penelitian dikemukakan saran-saran berikut yaitu perlu dibuat dan dilakukan standar program mengenai model pembelajaran untuk diterapkan pada proses belajar mengajar sehingga para guru memiliki inisiatif untuk terus mengembangkan kemampuan dan kompetensi diri guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang aktif dan menyenangkan untuk menghasilkan output yang bermutu dan berkualitas tinggi. Selain itu model pembelajaran yang tepat dan menarik dapat memebuat siswa dan guru lebih semangat untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |