Implementasi pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX APK pada mata diklat bekerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Devy Febriyanty Djunaedi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX APK pada mata diklat bekerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Devy Febriyanty Djunaedi

Djunaedi, Devy Febriyanty (2012) Implementasi pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX APK pada mata diklat bekerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Devy Febriyanty Djunaedi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan teknik bermain peran (role playing) hasil belajar Salah satu kegiatan pendidikan adalah menyelenggarakan proses belajar mengajar. Upaya tersebut dikarenakan pembelajaran yang berpusat pada siswa sedangkan guru hanya sebagai fasilitator saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat bekerjasama dengan kolega dan pelanggan serta respon siswa dalam melaksanakanpembelajaran bermain peran (role playing) di kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Sebagai subyek penelitian peneliti memilih siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam beberapa aspek dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan (observasi) serta tahap analisis dan refleksi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Negosiasi dan Keluhan Pelanggan. Data yang diperoleh meliputi penilaian kinerja kelompok hasil belajar siswa didik dalam aspek kognitif afektif dan psikomotorik respon peserta didik terhadap proses pembelajaran. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi catatan lapangan wawancara tes dan pengamatan partisipan. Pada penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap kegiatan yaitu menentukan kelompok bermain peran merencanakan kegiatan belajar teknik role playing dan merencanakan diskusi antar kelompok Dengan penerapan teknik bermain peran (role playing) pada mata diklat Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan nilai siswa meningkat cukup signifikan terlihat pada hasil nilai ujian tengah semester dan post-test pada siklus I dan siklus II. Dalam siklus I nilai rata-rata ujian tengah semester dan post-test meningkat dari 74 45 menjadi 79 20 sebesar 4 75%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata post test I dan post-test II meningkat dari 79 20 menjadi 86 16 dengan persentase kenaikan 6 96%. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah pertama bagi guru pembelajaran dengan teknik role playing dapat dijadikan alternatif pilihan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa bagi sekolah perlu adanya sarana dan prasarana seperti lab khusus praktek yang lebih lengkap. bagi peserta didik perlu adanya keberanian dan motivasi yang tinggi untuk terus giat belajar siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas sehingga akan memudahkan guru dalam memulai pelajaran hal ini juga dapat menghemat waktu bagi peneliti selanjutnya untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dengan penerapan teknik bermain peran (role playing) dengan menggunakan kompetensi dan subyek penelitian yang berbeda. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menerapkan metode pembelajaran kontekstual yang menarik lainnya yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28759

Actions (login required)

View Item View Item