Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan (STudi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Dedy Simabara Rengganabuwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan (STudi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Dedy Simabara Rengganabuwan

Renggabuwana, Dedy Simbara (2011) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan (STudi pada siswa program keahlian administrasi perkantoran kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Dedy Simabara Rengganabuwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Role Playing hasil belajar Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan. Hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan tergolong rendah. Salah satunya dikarenakan kurangnya variasi metode mengajar yang menjadikan kejenuhan pada siswa. Hal ini menimbulkan kurangnya konsentrasi siswa disamping rendahnya komunikasi antar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan siswa dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen pada tanggal 26 April sampai 19 Mei 2011. Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran Role Playing dimulai dengan cara membagi siswa dalam kelompok pembagian tugas bermain peran pada masing-masing kelompok praktek dialog tanya jawab dan kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi tes angket wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Role Playing yang dilakukan di kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen dalam mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan ini menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum diterapkan model pembelajaran Role Playing (Nilai Awal Guru) dengan rata-rata skor tes siswa sebesar 75 dan siswa yang tuntas belajar sejumlah 19 siswa menjadi 84 pada rata-rata skor siswa dan 22 siswa yang tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II setelah diterapkan model pembelajaran Role Playing rata-rata skor siswa meningkat menjadi 80 dan siswa yang tuntas belajar sejumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa model pembelajaran Role Playing dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk (1) Membantu siswa dalam mengeksplorasi perasaan-perasaan sikap-sikap nilai-nilai dan berbagai strategi pemecahan masalah dan (2) memupuk kerja sama saling percaya saling membutuhkan dan saling menghargai sesama teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28757

Actions (login required)

View Item View Item