Implementasi model pembelajaran numbered head together dan pendekatan pengajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada standar kompetensi keselamatan, kesehatan kerja dan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran numbered head together dan pendekatan pengajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada standar kompetensi keselamatan, kesehatan kerja dan

Sari, Galuh Ulan (2011) Implementasi model pembelajaran numbered head together dan pendekatan pengajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada standar kompetensi keselamatan, kesehatan kerja dan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran Numbered Head Together Problem Based Learning Aktivitas Hasil Belajar Siswa Rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa harus dapat disikapi sehingga berbagai upaya ke arah perbaikan terhadap strategi metode serta teknik pembelajaran harus terus dilakukan. Pada metode konvensional yang biasa digunakan oleh guru siswa cenderung pasif hanya dengan mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Untuk itu diharapkan dengan digunakannya model pembelajaran Numbered Head Together dan Pendekatan Pengajaran Problem Based Learning dapat menjadikan pengaruh yang baik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Pendekatan Pengajaran Problem Based Learning dapat diterapkan kelas X APK SMK Sore Probolinggo. (2) Untuk mengetahui Keaktifan belajar siswa kelas X APK SMK Sore Probolinggo dapat meningkat saat diterapkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan pendekatan Pengajaran Problem Based Learning pada Standar Kompetensi K3LH. (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X APK SMK Sore Probolinggo pada standar kompetensi K3LH pada Pembelajaran Numbered Heads Together dan Pendekatan Pengajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitaif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tindakan yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes lembar obeservasi catatan lapangan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Pendekatan Pengajaran Problem Based Learning adalah sebagai berikut (1) Model Pembelajaran NHT dan PBL dapat diterapkan di kelas APK SMK Sore Probolinggo dan sudah terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (2) keaktifan siswa meningkat mulai dari sklus I ke siklus II dimana aktivitas belajar siswa pada siklus I kegiatan pembelajaran NHT diperoleh nilai rata-rata adalah 86 72% sedangkan hasil pengamatan Pembelajaran PBL diperoleh nilai rata-rata 90 74% yang kemudian meningkat pada siklus II dengan pengamatan kegiatan pembelajaran NHT diperoleh nilai rata-rata adalah 92% sedangkan hasil pengamatan Pembelajaran PBL diperoleh nilai rata-rata 94 44% (3) Hasil belajar pada Pembelajaran NHT dan Pendekatan Pengajaran PBL meningkat dimana rata-rata nilai pre-test siklus I yaitu 62 59 dan rata-rata nilai post-test 80 76 dengan ketuntasan belajar sebanyak 82 14% Sedangkan untuk siklus II dimana rata-rata nilai pre-test siklus II yaitu 76 07 dan rata-rata nilai post-test 83 33 dengan ketuntasan belajar sebanyak 92 85%. Kelemahan dari pembelajaran NHT dan PBL pada penelitian ini adalah suasana kelas menjadi ramai ketika siswa berdiskusi dan pada saat presentasi berlangsung. Jadi guru harus dapat mengendalikan kelas pada saat suasana di kelas sedang ramai. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) Guru mata diklat K3LH hendaknya mencoba menerapkan model pembelajaran NHT dan PBL untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (2) Guru hendaknya memperluas wawasan dan merencanakan kegiatan pembelajaran secara lebih kreatif dan inovatif untuk dapat melaksanakan dan menerapkan metode dan model pembelajaran lainnya sehingga lebih bervariasi (3) perlu disediakannya media sarana dan prasarana yang memadai di sekolah sehingga proses pembelajaran tidak terhambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28755

Actions (login required)

View Item View Item