Implementasi metode pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam standar kompetensi mengelola peralatan kantor) / Lia Agustiningsih

Agustiningsih, Lia (2011) Implementasi metode pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam standar kompetensi mengelola peralatan kantor) / Lia Agustiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: model NHT (Numbered Heads Together), motivasi, hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pengamatan awal dan wawancara guru menunjukkan bahwa selama ini guru yang mengajarkan standar kompetensi Mengelola Peralatan Kantor kelas X APK belum pernah menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together dalam mengajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Guru standar kompetensi lebih sering menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab pada saat kegiatan pembelajaran. Siswa terlihat kurang aktif dan termotivasi karena dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa sebagian besar cenderung dibawah SKM. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 9 April sampai 28 April 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus dalam penerapannya. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang yang terdiri dari 39 siswa pada standar kompetensi Mengelola Peralatan Kantor. Langkah-langkah model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) ini yaitu kegiatan Tahap Penomoran (Numbering), Tahap pengajuan pertanyaan (Questioning), Tahap berfikir bersama (Heads Together), Tahap Menjawab pertanyaan (Answering) Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, tes, observasi, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT yang dilakukan pada standar kompetensi Mengelola Peralatan Kantor siswa kelas X APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Dibuktikan dengan rata-rata motivasi belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 52,44% meningkat menjadi 78,85% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana hasil belajar dari guru standar kompetensi nilai rata-rata kelasnya 63,46, pada siklus I nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 79,52 dan pada siklus II nilai rata-rata kelasnya meningkat lagi menjadi 88,73. Kriteria hasil tes ini dapat dikatakan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disarankan bahwa dalam menerapkan model pembelajaran NHT, guru lebih memahami dan memberikan suasana yang nyaman bagi siswa untuk belajar dengan pengelolaan kelas yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28754

Actions (login required)

View Item View Item