Pengaruh penggunaan penilaian portofolio dan gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa pada standar kompetensi membuat dokumen (Studi pada kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Yunita Ardhianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan penilaian portofolio dan gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa pada standar kompetensi membuat dokumen (Studi pada kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Yunita Ardhianti

Ardhianti, Yunita (2011) Pengaruh penggunaan penilaian portofolio dan gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa pada standar kompetensi membuat dokumen (Studi pada kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Yunita Ardhianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penilaian Portofolio Siswa Gaya Belajar Siswa Motivasi Belajar Siswa Motivasi merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan pembelajaran. Upaya peningkatan motivasi siswa yang bisa dilakukan oleh guru salah satunya melalui penilaian. Penilaian disesuaikan dengan kompetensi dasar maupun indikator yang diuraikan dalam kurikulum. Salah satu bentuk penilaian yang bisa diterapkan adalah portofolio. Tujuan akhir dari penilaian portofolio bukan terletak pada pencapaian angka tertinggi melainkan terletak cara bagaimana memotivasi siswa sehingga memperoleh hasil yang maksimum Dalam pengajaran selain mengadakan penilaian yang salah satu fungsinya adalah untuk memotivasi siswa guru juga perlu mengetahui atau mengenali karakteristik siswa karena masing-masing siswa memiliki gaya belajar yang berdeda. Ketika siswa di kelas dapat memperoleh pengalaman saat individualitas mereka diterima dan dibiarkan bahkan didorong untuk belajar dengan cara mereka sendiri maka hasilnya adalah motivasi meningkat tugas sekolah menjadi lebih menyenangkan keterampilan belajar membaik dan dengan perkembangan-perkembangan positif ini penghargaan-diri mereka pun meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang (1) Pengaruh penggunaan penilaian portofolio terhadap motivasi belajar siswa (2) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilam sampel dalam penelitian ini adalah ditentukan secara simple random samling. Berdasarkan hasil analisis data inferensial yang telah lulus uji asumsi klasik (data terdistribusi normal bebas dari multikolinieritas dan heterokedastisitas) diketahui bahwa penggunaan penilaian portofolio memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa hasil analisis nilai t untuk penggunaan penilaian portofolio sebesar 4 572 dan Sig (p) 0 000 dimana Sig (p) 0 000 0. Gaya belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa hasil analisis nilai t untuk gaya belajar sebesar 3 219 dan Sig (p) 0 003 dimana Sig (p) 0 003 0 05. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara penggunaan penilaian portofolio dan gaya belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa. Saran yang bisa diberikan (1) Guru hendaknya dalam proses pembelajaran memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan agar kombinasi ketiga subvariabel gaya belajar siswa dan penggunaan penilaian portofolio dapat lebih meningkatkan lagi motivasi belajar siswa. Guru hendaknya lebih melibatkan siswa dan memanfaatkan perangkat lain dalam pembelajaran. (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Selain itu menyempurnakan kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini dan dapat dijadikan dasar pertimbangan ilmiah bagi kesempurnaan yang ada. (3) Bagi peneliti selanjutnya juga disarankan untuk mencari solusi terkait permasalahan menumbuhkan motivasi belajar siswa mengingat motivasi belajar siswa merupakan variabel yang turut menentukan kefeektifan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28750

Actions (login required)

View Item View Item