Penerapan kolaborasi model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas kelompok, kemandirian dan hasil belajar siswa program keahlian administrasi perkantoran pada mata pelajaran kearsipan (kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kediri tahu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas kelompok, kemandirian dan hasil belajar siswa program keahlian administrasi perkantoran pada mata pelajaran kearsipan (kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kediri tahu

Sari, Ratna (2011) Penerapan kolaborasi model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dan talking stick untuk meningkatkan aktivitas kelompok, kemandirian dan hasil belajar siswa program keahlian administrasi perkantoran pada mata pelajaran kearsipan (kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kediri tahu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Talking Stick aktivitas kelompok kemandirian hasil belajar Berdasarkan data pada saat pra penelitian yang dilakukan di SMK PGRI 2 Kediri diperoleh informasi bahwa guru mata pelajaran Kearsipan masih jarang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi belum mengetahui model pembelajran Two Stay Two Stray dan pada waktu proses pembelajaran siswa kelas XI APk 1 cenderung kurang aktif. Selain itu hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru menunjukkan rata-rata nilai siswa masih rendah di bawah KKM yaitu 60 63. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat digunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dapat mendorong siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat lebih maksimal memahami materi pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick. Dengan diterapkannya kolaborasi model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick diharapkan mampu meningkatkan aktivitas kelompok meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan dua siklus yaitu pada bulan Maret sampai dengan April 2011. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui aktivitas kelompok siswa dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick 2) untuk mengetahui kemandirian belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick 3) untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick 4) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick 5) untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Kediri dengan subjek peneitian kelas XI APk I dengan jumlah 44 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 42 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) wawancara 2) Tes 3) observasi 4) catatan lapangan 5) angket dan 6) dokumentasi. Untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan post tes yang kemudian dibandingkan dengan nilai dari guru sebelum dilakukan penelitian. Selain itu model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Talking Stick dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa menghargai pendapat orang lain dan menumbuhkan kerja sama dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28749

Actions (login required)

View Item View Item