Jumaidah (2011) Implementasi pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (studi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelengaraan administrasi perkantoran di. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model pembelajaran Teams Games Tournament keaktifan hasil belajar Keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas X APK SMK Sore Probolinggo pada Mata Pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran tergolong rendah. Hasil belajar siswa juga tergolong rendah salah satunya dikarenakan siswa malas atau kurang bersemangat saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X APK SMK Sore Probolinggo pada tanggal 12 sampai 28 April 2011. Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran Teams Games Tournament dimulai dengan cara membagi siswa ke dalam kelompok heterogen yang terdiri dari 4 orang siswa kemudian membagikan Lembar Kerja Siswa agar dikerjakan oleh siswa dan langsung dipresentasikan. Selanjutnya games dimana siswa dikelompokkan secara homogen dan berebut untuk memenangkan turnamen terakhir kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi tes wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament yang dilakukan di kelas X APK SMK Sore Probolinggo pada Mata Pelajaran Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Ini dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan belajar siswa menjadi 65 48% setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 84 53%. Sedangkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I meningkat menjadi 73 36% setelah diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament. Pada siklus II hasil belajar siswa juga meningkat menjadi 81 96%. Hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I meningkat menjadi 73 42% setelah diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament. Pada siklus II hasil belajar aspek afektif siswa meningkat menjadi 92 46%. Model pembelajaran TGT ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan cara memberikan tugas kelompok pada siswa memberikan kesempatan pada siswa untuk presentasi memberikan kesempatan pada siswa untuk berdiskusi dan merancang permainan dalam TGT sesuai dengan materi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |