Meningkatkan hasil belajar dan self regulated learning melalui media pembelajaran interaktif genially / Leyana Candrika Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar dan self regulated learning melalui media pembelajaran interaktif genially / Leyana Candrika Dewi

Dewi, Leyana Candrika (2023) Meningkatkan hasil belajar dan self regulated learning melalui media pembelajaran interaktif genially / Leyana Candrika Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran interaktif yang memanfaatkan perkembangan teknologi akan memiliki nilai tambah dibandingkan pembelajaran konvensional yang selama ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis website Genially yang sudah divalidasi oleh ahli materi ahli media dan telah diuji cobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar serta mengetahui perbedaan hasil belajar dan self regulated learning peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan model Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahapan. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi ahli media serta peserta didik kelas XI Manajemen Perkantoran yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kecil dan kelompok besar. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif uji normalitas serta uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan media interaktif yang menarik dan terintegrasi dengan platform pendukung lain seperti google formulir dan padlet serta terdapat games yang bersumber dari salah satu fitur pada website genially yang sudah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dan dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif mampu untuk meningkatkan hasil belajar dan self regulated learning peserta didik pada elemen Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan self regulated learning peserta didik terutama pada aspek penggunaan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2023 04:29
Last Modified: 10 Aug 2023 07:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287462

Actions (login required)

View Item View Item