Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam mata pelajaran dasar-dasar kompetensi kejuruan menerapkan K3LK) / Choirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam mata pelajaran dasar-dasar kompetensi kejuruan menerapkan K3LK) / Choirul Anam

Anam, Choirul (2011) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam mata pelajaran dasar-dasar kompetensi kejuruan menerapkan K3LK) / Choirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran Cooperative Script interaksi siswa hasil belajar Interaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam mata pelajaran Dasar-dasar Kompetensi Kejuruan Menerapkan K3LK tergolong rendah. Hasil belajar siswa juga tergolong rendah salah satunya dikarenakan kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis suatu masalah dalam soal misalnya soal studi kasus. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan interaksi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang pada tanggal 7 sampai 16 April 2011. Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Script dimulai dengan cara membagi siswa secara berpasangan pemberian bacaan kepada tiap siswa salah satu siswa mengikhtisarkan materi sedangkan siswa yang satunya mengoreksi ikhtisar pasangannya diskusi kelas dan kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi tes wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Cooperative Script yang dilakukan di kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang dalam mata pelajaran Dasar-dasar Kompetensi Kejuruan Menerapkan K3LK ini menunjukkan bahwa (1) Dapat meningkatkan interaksi siswa. Ini dibuktikan dengan meningkatnya interaksi siswa setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Script. Pada siklus I nilai rata-rata interaksi siswa adalah 49% dan siklus II adalah 81% (2) Dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil belajar siswa yang meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Script. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 siswa dan siklus II sebanyak 34 siswa dan (3) Ada hambatan yaitu siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran Cooperative Script. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah menjelaskan langkah-langkah model ini pada tiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk (1) Mengatasi siswa yang enggan mengutarakan pendapatnya atau tidak mau bertanya kepada orang lain jika belum memahami tentang suatu materi (2) Memupuk kerja sama saling menghargai pendapat teman dan tenggang rasa dalam diri siswa serta (3) Memudahkan siswa dalam menghafal materi atau menganalisis suatu permasalahan dengan baik seperti dalam mata pelajaran Dasar-dasar Kompetensi Kejuruan Menerapkan K3LK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28745

Actions (login required)

View Item View Item