Ratnasari, Vio Ratnasari (2023) Virtual reality as renewable technology learning media in era 4.0 to enhance learning interest and cognitive learning outcomes / Vio Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemanfaatan kemudahan teknologi pada era digital saat ini mendorong mahasiswa untuk dapat menggunakan media pembelajaran terbarukan seiring dengan perkembangan jaman. Pembelajaran berbasis Virtual Reality dapat memudahkan pembelajaran dengan menyampaikan materi pembelajaran melalui visualisasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis virtual reality (VR) dan menguji media terhadap mahasiswa untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat leraning interest dan cognitive learning outcomes. Sample penelitian ini terdiri dari 63 mahasiswa S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran (PADP) Universitas Negeri Malang. Metode penelitian menggunakan Research and development dengan model ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis VR layak untuk digunakan pada mata kuliah teknologi perkantoran Prodi S1 PADP dengan merujuk pada hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi yakni 98% atau sangat valid dan hasil validasi ahli media yakni 98% atau sangat valid. Dilakukan juga validasi pengguna oleh kelompok kecil mahasisanya dengann hasil tingkat kelayakan media 93% atau sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan adanya tingkat kenaikan learning interest sebesar 49% dan adanya tingkat kenaikan cognitive learning outcomes sebesar pada kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/287447 |
Actions (login required)
View Item |