E-modul sebagai upaya meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa smk / Nifa Hawiyatu Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

E-modul sebagai upaya meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa smk / Nifa Hawiyatu Putri

Putri, Nifa Hawiyatu Putri (2023) E-modul sebagai upaya meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa smk / Nifa Hawiyatu Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul dengan aplikasi website canva yang divalidasi melalui validasi ahli materi ahli e-modul dan uji coba pada kelompok kecil serta mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa Kelas XI MP SMK Negeri 1 Malang. Penelitian ini termasuk jenis R amp D dengan model Borg and Gall. Subjek uji coba meliputi ahli materi ahli e-modul dan siswa kelas XI MP meliputi kelompok kecil serta kelompok besar. Data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji Independent Sample t-Test. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan e-modul yang dapat diakses melalui tautan link secara online dan dinyatakan sangat valid serta layak setelah divalidasi guna mendukung kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang lebih unggul daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul termasuk sumber belajar yang efektif digunakan dalam mengoptimalkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Manajemen Perkantoran elemen pengelolaan administrasi umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/287440

Actions (login required)

View Item View Item