Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Drivvicka Shoumi Aprimawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Drivvicka Shoumi Aprimawati

Aprimawati, Drivvicka Shoumi (2011) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Drivvicka Shoumi Aprimawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Lingkungan Kerja Motivasi Kerja Kinerja Guru Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah yang ada di suatu instansi khususnya sekolah tentu berbeda-beda. Dilihat dari lingkungan kerja yang kondusif dapat membantu proses kerja di suatu organisasi karena melalui kondisi kerja yang baik dapat mengoptimalkan kemampuan guru untuk menghasilkan karya yang baik. Lingkungan kerja yang kondusif akan meningkatkan semangat kerja dan gairah kerja pegawai. Selain gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dan lingkungan kerja motivasi kerja juga merupakan hal yang sangat dipertimbangkan. Dengan adanya motivasi kerja yang baik maka kinerja guru akan bekualitas tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini mempuyai 4 variabel yaitu 3 variabel bebas diantaranya gaya kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) lingkungan kerja (X2) dan motivasi kerja (X3) dan variabel terikat (Y) adalah kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Malang yang menjadi acuan dalam kinerja. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 32 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah secara parsial terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan nilai B 0 591 thitung 6 521 dan Signifikansi t 0 000 (2) Tidak ada pengaruh lingkungan kerja secara parsial terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan nilai B -0 121 thitung -1 391 dan Signifikansi t 0 175 (3) Ada pengaruh motivasi kerja secara parsial terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan nilai B 0 183 thitung 1 401 dan Signifikansi t 0 172 dan (4) Tidak ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah lingkungan kerja dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan nilai Fhitung 21 698 dan Signifikansi F 0 000 R 0 836 R square 0 699 dan Adjusted R Square 0 667. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Kinerja guru harus lebih maksimal lagi dan harus bisa membuat sistem kerja atau inovasi yang baru agar siswa yang diajar tidak bosan. Dengan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah lingkungan kerja dan motivasi kerja yang baik dan dapat diterima oleh guru yang ada di sekolah. (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi kinerja guru selain gaya kepemimpinan lingkungan kerja dan motivasi kerja. Selain itu menyempurnakan kekurangankekurangan dalam penelitian ini dan dapat dijadikan dasar pertimbangan ilmiah bagi kesempurnaan yang ada. (3) Bagi peneliti selanjutnya juga disarankan untuk mencari solusi terkait permasalahan mengapa lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru mengingat lingkungan kerja merupakan variabel yang seringkali dipertimbangkan sebelum kinerja guru dilaksanakan..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28744

Actions (login required)

View Item View Item